PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN AUDIT TENURE TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)

Pandjara, Helsy Indrawati Puspita (2017) PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN AUDIT TENURE TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Helsy Indrawati Puspita Pandjara)
EA19826.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dalam suatu perusahaan, manajemen bertanggungjawab untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Opini audit going concern akan diberikan oleh auditor jika menemui kondisi- kondisi ekonomi yang mempengaruhi perusahaan seperti kerugian operasional yang besar, ketidakmampuan membayar para kreditur pada tanggal jatuh tempo, pinjaman yang mendekati tanggal jatuh tempo tanpa prospek yang realistik untuk perpanjangan atau pelunasan dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, profitabilitas dan audit tenure terhadap penerimaan opini audit going concern. Penelitan ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2015. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Alat yang digunakan untuk menganalisis pengaruh likuiditas, profitabilitas dan audit tenure terhadap penerimaan opini audit going concern yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis regresi logistik. Berdasarkan analisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan regresi logistik, hasil menunjukkan bahwa likuiditas dan profitabilitas berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. Hal ini berbeda dengan variabel audit tenure yang menunjukkan tidak adanya pengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Opini audit going concern, Likuiditas, profitabilitas, audit tenure
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Feb 2018 10:57
Last Modified: 01 Feb 2018 10:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13693

Actions (login required)

View Item View Item