Permana, Laurensius Anggara Budi Widar (2017) PEMBANGUNAN APLIKASI PENGENALAN AKSARA JAWA BERBASIS AUGMENTED REALITY. S1 thesis, UAJY.
Text (Laurensius Anggara Budi Widar Permana)
TF07285.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Aksara Jawa atau yang lebih dikenal dengan Hanacaraka merupakan salah satu aksara atau huruf tradisional yang dimiliki oleh Indonesia. Aksara ini digunakan untuk menulis naskah berbahasa Jawa. Saat ini, Aksara Jawa sudah jarang digunakan oleh generasi muda dikarenakan kurangnya pengenalan atau pembelajaran yang menggunakan Bahasa Jawa. Untuk itu sangat diperlukan pelestarian Aksara Jawa agar tetap bertahan sebagai salah satu warisan budaya Indonesia dengan melakukan pengenalan kembali Aksara Jawa kepada generasi muda. Seiring dengan perkembangan teknologi, penulis akan membuat suatu aplikasi pengenalan Aksara Jawa berbasis mobile yang dibangun menggunakan teknologi Augmented Reality menggunakan tools Unity. Aplikasi yang dibuat berisi panduan membaca Aksara Jawa dilengkapi dengan gambar 3D sehingga membantu pengguna mengetahui bagaimana cara membaca Aksara Jawa dengan benar. Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan solusi serta membantu pengguna dalam mengenal Aksara Jawa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mobile, Augmented Reality, Aksara, Jawa, Pengenalan, Panduan. |
Subjects: | Teknik Informatika > Soft Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 08 Feb 2018 08:31 |
Last Modified: | 08 Feb 2018 08:31 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13739 |
Actions (login required)
View Item |