MIXED USE BUILDING DI JAKARTA SELATAN DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KESEIMBANGAN ANTARA MANUSIA, ALAM, DAN TEKNOLOGI

HENDRIAN, STEVEN ALDI (2017) MIXED USE BUILDING DI JAKARTA SELATAN DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KESEIMBANGAN ANTARA MANUSIA, ALAM, DAN TEKNOLOGI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
TA147480.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB I)
TA147481.pdf

Download (173kB)
[img] Text (BAB II)
TA147482.pdf

Download (12MB)
[img] Text (BAB III)
TA147483.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
TA147484.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (BAB V)
TA147485.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47MB)
[img] Text (BAB VI)
TA147486.pdf

Download (85MB)

Abstract

Di era modern ini, masyarakat yang tinggal di kota besar seperti Jakarta pada umumnya saling bersaing dalam meningkatkan kualitas hidupnya, oleh sebab itu banyak dari masyarakat yang tinggal di kota besar cenderung memiliki sifat individualis dan konsumtif. Jika ditelaah lebih mendalam penyebab dari perubahan gaya hidup masyarakat ini salah satunya disebabkan karena pertumbuhan perekonomian di Jakarta yang cukup signifikan. Beberapa fakta tersebut kemudian menjadi latar belakang pemilihan desain dan rancangan mixed use building di Jakarta. Mixed use building didesain sebagai respon terhadap peluang perekonomian di Jakarta yang semakin menguat serta peluang pasar kalangan menengah ke atas di DKI Jakarta yang cukup tinggi. Mixed use building ini menggabungkan 4 fungsi bangunan sekaligus, yaitu mall, kantor sewa, hotel dan apartemen. Keseluruhan fungsi bangunan ini didesain sebagai pemenuhan kebutuhan dari masyarakat DKI Jakarta terutama kalangan menengah ke atas. Mixed use building yang mempertimbangkan keseimbangan antara manusia, alam, dan teknologi menjadi konsep yang diusung pada rancangan bangunan ini. Metode peleburan antara manusia, alam dan teknologi diharapkan dapat merubah gaya hidup negatif masyarakat perkotaan yaitu gaya hidup individualis serta tidak memperhatikan alam dan lingkungan di sekitarnya. Proses pencapaian keseimbangan kemudian diterapkan melalui beberapa implementasi desain pada bangunan mixed use building. Konsep manusia diterjemahkan sebagai pengguna / user, alam diterjemahkan melalui pengadaan kembali biodiversitas dan energi diterjemahkan melalui usaha konservasi air dan konservasi energi. Melalui berbagai upaya penerjemahan konsep ini diharapkan bangunan mixed use building tak hanya mengakomodasi masyarakat kalangan menengah ke atas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, namun juga menjadi titik balik edukasi masyarakat untuk lebih memerhatikan sesama serta lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Mixed Use Building, Keseimbangan antara Manusia, Alam, dan teknologi, Biodiversitas, Konservasi Alam dan Energi
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Feb 2018 09:59
Last Modified: 13 Feb 2018 09:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13835

Actions (login required)

View Item View Item