LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN OLAHRAGA PAPAN LUNCUR DI YOGYAKARTA

LITILOLY, MUHAMMAD KHADAFI (2017) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN OLAHRAGA PAPAN LUNCUR DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (MUHAMMAD KHADAFI LITILOLY)
TA14449.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Olahraga merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang bertujuan untuk mengolah jasmani dan rohani. Kondisi manusia baik fisik maupun mental dapat dibentuk dan dijaga melalui olahraga. Pada perkembangannya olahraga mulai menjadi “passion” serta menjadi kegiatan yang semakin diperhatikan dan menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Secara garis besar, olahraga terbagi dalam dua kelompok besar yaitu olahraga permainan dan olahraga ketangkasan. Pada perkembangannya mulai dikenal istilah extreme game atau olahraga ekstrim. Di Yogyakarta jenis olahraga atau permainan ini sangat digemari para remaja belakang ini. Hal ini dapat dilihat dengan terbentuknya beberapa komunitas-komunitas skateboard di Yogyakarta yang kian bertambah, setidaknya terdapat 15 komunitas skateboard yang berada di Yogyakarta. Namun, perkembangan olahraga papan luncur ini kurang terwadai dengan fasilitasfasilitas olahraga yang memadai dalam mewadai olahraga papan luncur. Sebagai pusat pendidikan dan pelatihan olahraga papan luncur di Yogyakarta harus tersedianya sarana dan fasilitas olahraga yang merupakan tempat berlatih, tempat penyelenggaran kompetisi dan kegiataan- kegiatan yang berkaitan dengan olahraga papan luncur, tempat penyediaan, maupun penjualan alat-alat atau perlengkapan skateboard, tempat berkumpul komunitas skateboarding serta sebagai tempat pendidikan dan pelatihan olahraga papan luncur dan juga sebagai sarana rekreasi bagi para penggemar olahraga papan luncur. Agar menarik, bentuk bangunan pusat pendidikan dan pelatihan olahraga papan luncur harus mengekspresikan dunia papan luncur yang identik dengan atraktif, edukatif serta rekreatif, dan pendekatan yang akan dijadikan dasar pijakan dalam perencanaan dan perancangan pusat pendidikan dan pelatihan olahraga papan luncur adalah landasan ideologi arsitektur modern

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Olahraga Extrim, Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Olahraga Papan Luncur, Yogyakarta, Arsitektur Modern.
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Feb 2018 08:45
Last Modified: 15 Feb 2018 08:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13875

Actions (login required)

View Item View Item