Katulistiwa, I Nyoman Adi Nugraha (2018) PENGARUH KINERJA MANAJEMEN PEMELIHARAAN GEDUNG TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA (STUDI KASUS HARTONO MALL YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.
Text (HALAMAN JUDUL)
BAB 0 dikumpul.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (356kB) |
|
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Download (611kB) |
|
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Bangunan gedung merupakan suatu hasil fisik pekerjaan konstruksi sebagai tempat berlindung dari cuaca, keamanan, tempat tinggal, tempat bekerja, maupun kegiatan lainnya. Seiring berjalannya waktu kebutuhan akan lahan konstruksi di Indonesia semakin meningkat, Oleh karena itu pembangunan gedung bertingkat tinggi sudah menjadi solusi umum di Indonesia. Semakin lama umur bangunan maka kualitas komponen bangunan akan menurun, maka diperlukan manajemen pemeliharaan bangunan gedung yang baik dan sesuai prosedur. Pemeliharaan gedung bermanfaat untuk meningkatkan kualitas komponen bangunan agar fasilitas-fasilitas yang ada dalam gedung tersebut nyaman untuk digunakan oleh pengguna bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja manajemen pemeliharaan terhadap penilaian pengguna gedung dengan objek studi Hartono Mall Yogyakarta. Penelitian ini didasarkan pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 24/PRT/M/2008 tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan kuisioner kepada bagian pemeliharaan dan pengguna gedung. Analisis data dilakukan dengan metode uji validitas dan realibilitas untuk memastikan konsistensi alat ukur guna mencapai sasarannya, analisis mean dan standar deviasi untuk memberikan skor penilaian kuisioner, uji korelasi Product Moment (Pearson) untuk mengetahui hubungan antara kinerja pelaksanaan pemeliharaan gedung dengan penilaian pengguna gedung. Berdasarkan hasil dari mean kinerja manajemen pemeliharaan gedung mendapatkan nilai total sebesar 2,33. Berarti nilai tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan pemeliharaan gedung di Hartono Mall Yogyakarta tergolong “baik”. Untuk penilaian pengguna gedung Hartono Mall Yogyakarta mendapatkan nilai mean sebesar 3,01. Dengan nilai tersebut pengguna gedung menilai bahwa kinerja pelaksanaan manajemen pemeliharaan gedung Hartono Mall Yogyakarta masuk dalam kategori “baik”. Dan hasil uji korelasi antara kinerja manajemen pemeliharaan dengan penilaian pengguna gedung Hartono Mall Yogyakarta mendapatkan nilai pearson correlation sebesar 0,547 yang berarti masuk dalam kategori hubungan “kuat”
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemeliharaan gedung, kepuasan pengguna, gedung mall. |
Subjects: | Sipil > Manajemen Konstruksi Sipil > Manajemen Konstruksi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 19 Feb 2018 09:54 |
Last Modified: | 19 Feb 2018 09:54 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13900 |
Actions (login required)
View Item |