ANALISIS LABA BERDASARKAN LINI PRODUK PADA PT. GARUDA MART INDONESIA TAHUN 2014-2015

Utami, Elisabeth Kartika (2016) ANALISIS LABA BERDASARKAN LINI PRODUK PADA PT. GARUDA MART INDONESIA TAHUN 2014-2015. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Elisabeth Kartika Utami)
EA19044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui lini produk yang memberi keuntungan margin segmen paling besar pada tahun 2014 dan 2015; (2) Mengetahui lini produk yang memberi keuntungan margin segmen paling kecil pada tahun 2014 dan 2015. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dua cara, yaitu melakukan wawancara kepada pimpinan perusahaan dan melakukan dokumentasi dengan mengumpulkan serta mempelajari data-data yang diperoleh dari perusahaan melalui sistem keuangan milik perusahaan. Metode untuk menganalisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara: (1) Identifikasi biaya pada tiap lini produk berdasarkan biaya variabel dan biaya tetap; (2) Membuat laporan laba rugi segmen dengan metode variable costing; (3) Membandingkan margin segmen tiap lini produk. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dalam analisis laba berdasarkan segementasi unit usaha, maka kesimpulan yang dapat ditarik sebagai berikut: (1) Lini produk yang memberi keuntungan margin segmen paling besar pada tahun 2014 dan 2015 adalah lini produk work lamp; (2) Lini produk yang memberi keuntungan margin segmen paling kecil pada tahun 2014 adalah lini produk signal lamp, sedangkan pada tahun 2015 lini produk cable memberi keuntungan margin segmen paling kecil

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Biaya, Laporan Laba/Rugi Segmen Metode Variable Costing, Margin segmen
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Feb 2018 10:42
Last Modified: 20 Feb 2018 10:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13930

Actions (login required)

View Item View Item