ANALISIS KELAYAKAN DAN PEMBIAYAAN PEMELIHARAAN INFRASTRUKTUR DI DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGAH

Parerung, Laura Emilyani (2016) ANALISIS KELAYAKAN DAN PEMBIAYAAN PEMELIHARAAN INFRASTRUKTUR DI DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGAH. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Laura Emilyani Parerung)
TS14125.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Infrastruktur merukapakan salah satu sarana yang sangat penting guna menunjang pertumbuhan dan pengembangan suatu daerah. Apabila suatu daerah memiliki infrastruktur yang baik, maka bidang perekonomian dan sosial penduduknya juga akan ikut berkembang. Untuk mengetahui kelayakan infrastruktur di suatu daerah maka digunakanlah acuan sebagi bahan penilaian kelyakan infrastruktur yang dianbil dari report card ASCE di Amerika (1998) yang sering di pakai dalam beberapa penelitian untuk melihat kelayakan dari infrastruktur. Tujuan dilakukannya penelitian ini guna melihat sejauh mana kualitas dan keadaan infrastruktur di daerah provinsi sulawesi tengah dan juga mengetahui proses pengaganggaran serta membandingkan anggaran dana pemeliharaan dalam dana pemeliharaan jalan dan jembatan (antar provinsi) di tahun 2013, 2014 dan 2015. Dalam penilaian kelayakan dibagikan kuisioner yang berisi : data seputar reponden, penilaian mengunakan repost card ASCE (1998) review data untuk mewawancarai para responden. Target sasaran dari penilitian ini merupakan semua lulusan Sarjana Teknik Sipil yang bekerja dalam bidang-bidang yang berhubungan dengan infrastruktur yang diteliti. Hasil akhir dari penilitian kelayakan infrastruktur dengan mengunakan mean dan standar deviasi mendapatkan nilai sebagai berikut : bandar udara dengan nilai B, pelabuhan laut dengan nilai C, terminal bus \ dengan nilai D, jalan dan jembatan (antar provinsi) dengan nilai C, jalan dan jembatan (kota/kabupaten) dengan nilai D, air dengan nilai D, buangan sampah dengan nilai E, obyek fasilitas pariwisata dengan nilai D, listrik memperoleh dengan nilai D, telekomunikasi dengan nilai C, sekolah/universitas dengan nilai C, stasiusn kereta dengan nilai E, fasilitas perumahan dengan nilai D, fasilitas taman kota dengan nilai D, sistem penyediaan air bersih dengan nilai E. Hasil dari analisis pembiayaan pemeliharaan menggunakan indeks harga agregati mendapatkan nilai sebagai berikut: untuk tahun 2013-2014 terjadi kenaikan sebesar 68% dan tahun 2014-2015 sebesar 22%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Infrastruktur, Skala Rating, nilai infrastruktur, dan Kelayakan infrastruktur, Pembiayaan Pemeliharaan
Subjects: Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Feb 2018 09:01
Last Modified: 21 Feb 2018 09:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13946

Actions (login required)

View Item View Item