LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN GEREJA KRISTEN NAZARENE “FILADELFIA” DI YOGYAKARTA

THENEJI, JOHAN STEPHEN (2016) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN GEREJA KRISTEN NAZARENE “FILADELFIA” DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (JOHAN STEPHEN THENEJI)
TA08318..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47MB)

Abstract

dan diresmikan pada tahun 1983, merupakan salah satu gereja yang terbentuk dalam sejarah gereja di dunia. Dalam proses pelayanannya, Gereja Kristen Nazarene “Filadelfia” Yogyakarta mengalami pertumbuhan jemaat yang cukup pesat, dengan proyeksi di masa mendatang akan kebutuhan ruang gereja yang lebih besar dan memperhatikan adanya perubahan fungsi bangunan gereja maupun penambahan ruang yang tidak terencana maka dipandang perlu untuk mendirikan bangunan baru yang dapat mendukung dan memfasilitasi kebutuhan jemaat untuk bertumbuh ke arah visi yang diberikan Tuhan lewat Gembala Sidang dan berbuah dalam imannya. Pemberian nama “Filadelfia” yang berasal dari bahasa Yunani: Phileo(Kasih) dan Adelfos(Saudara) yang berarti Kasih Persaudaraan oleh Gembala Sidang dengan harapan supaya jemaat Gereja Kristen Nazarene “Filadelfia” menjadi satu sebagai Saudara di dalam Kasih Kristus. Filadelfia atau Kasih Persaudaraan menjadi dasar untuk berinteraksi dan bertumbuh dalam iman kepada Tuhan. Konsep Kasih Persaudaraan yang diterapkan dalam bangunan Gereja Kristen Nazarene “Filadelfia” diperoleh melalui pengertian Kasih Persaudaraan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kata Kunci yang diperoleh: Saudara, Bersahabat, Akrab/Karib, Hangat, Nyaman. Secara fisik bangunan, perencanaan dan perancangan bangunan dilakukan dengan menerapkan konsep Kasih Persaudaraan ke dalam Penataan Ruang Dalam maupun Ruang Luar. Kata Kunci yang diperoleh: Skala, Hubungan antar Ruang, Ruang Positif vs Ruang negatif

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kasih Persaudaraan, Saud ara, Bersahabat, Akrab/Karib, Hangat, Nyaman, Ruang Dalam, Ruang Luar, Skala, Hubungan antar Ruang, Ruang Positif vs Ruang negatif.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Feb 2018 09:30
Last Modified: 28 Feb 2018 09:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14058

Actions (login required)

View Item View Item