Ardhani, Elisabet Viani Resti (2016) PENENTUAN HARGA JUAL JASA SALON DENGAN METODE TIME AND MATERIAL PRICING PADA SALON THALASSO YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
Text (Elisabet Viani Resti Ardhani)
EA19436.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis harga jual jasa creambath Salon Thalasso yang seharusnya pada tahun 2016 dengan metode time and material pricing. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tentang harga jual, jumlah pendapatan, dan biaya-biaya produk atau jasa Salon Thalasso yang terjadi pada tahun 2015. Data diperoleh melalui wawancara, survei, dan observasi. Langkah-langkah dalam analisis data adalah: (1) menghitung kapasitas yang diharapkan, (2) mengidentifikasi dan menghitung biaya langsung dan tidak langsung, (3) mendistribusikan biaya tidak langsung, (4) perhitungan laba yang ditargetkan, (5) perhitungan markup yang digunakan, (6) menentukan tarif yang dibebankan untuk komponen waktu dan bahan, (7) melakukan perhitungan harga jual jasa. Berdasarkan pendekatan metode time and material pricing, penelitian ini berhasil mengidentifikasi dan menghitung harga jual jasa creambath yang seharusnya pada tahun 2016. Dari hasil perhitungan tersebut maka seharusnya harga jual creambath menggunakan (1) produk Makarizo Rp 72.900, (2) produk KUR Rp 71.600, (3) produk NR Rp 72.900, dan (4) produk Hair Spa Ocean Loreal Rp 89.100. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga jual jasa creambath menurut perusahaan lebih tinggi dibandingkan harga jual jasa creambath menurut metode time and material pricing.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga Jual, Metode Time and Material Pricing, Biaya Langsung, Biaya Tidak Langsung. |
Subjects: | Akuntansi > Akuntansi Keuangan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 05 Mar 2018 11:09 |
Last Modified: | 05 Mar 2018 11:09 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14124 |
Actions (login required)
View Item |