Pengaruh Kepercayaan Merek pada Komitmen Merek (Kasus Toko Belanja Online Tokopedia)

Aprianus, Yoseph (2016) Pengaruh Kepercayaan Merek pada Komitmen Merek (Kasus Toko Belanja Online Tokopedia). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Yoseph Aprianus)
EM19358.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah pertama membentuk faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan merek, kedua untuk melihat faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kepercayaan merek, ketiga untuk melihat pengaruh kepercayaan merek terhadap komitmen merek, keempat untuk melihat ada tidaknya perbedaan dari segi jenis kelamin dan uang saku terhadap faktor-faktor yang terbentuk. Pada penelitian ini menggunakan 3 variabel independen yang terdiri dari merek, pengalaman, dan privasi. Ketiganya dibentuk lewat proses analisis faktor yang nantinya akan dilihat pengaruhnya terhadap kepercayaan merek. Populasi dan sampel yang digunakan pada penelitian ini untuk populasi adalah orang yang sudah pernah melakukan belanja online sedangkan untuk sampel orang yang pernah belanja di tokopedia.com. Hasilnya responden yang didapat sebanyak 153 responden dari 200 kuesioner yang disebar secara online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk membentuk faktor-faktor baru digunakan metode analisis faktor, untuk melihat pengaruh kepercayaan merek terhadap komitmen merek digunakan analisis regresi sederhana, untuk melihat pengaruh faktor-faktor yang terbentuk terhadap kepercayaan merek digunakan analisis regresi berganda, sedangkan untuk melihat perbedaan antara jenis kelamin dan uang saku berdasarkan 3 variabel yang sudah terbentuk antara lain merek, pengalaman, dan privasi. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan analisis faktor maka terbentuklah 3 faktor yang diberi nama merek, pengalaman, dan privasi. Kemudian hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa kepercayaan merek berpengaruh secara positif terhadap komitmen merek, begitu juga dengan hasil regresi berganda hanya 1 faktor yang berpengaruh secara negatif terhadap kepercayaan merek yaitu privasi. Sedangkan untuk hasil uji one way anova tidak ada perbedaan yang signifikan dari 3 faktor berdasarkan jenis kelamin dan uang saku.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Merek, Pengalaman, Privasi, Kepercayaan Merek, Komitmen Merek
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Mar 2018 08:27
Last Modified: 07 Mar 2018 08:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14150

Actions (login required)

View Item View Item