RAHARJO, DITO (2018) PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI CUSTOMER SERVICE REVIEW BERBASIS WEB DENGAN SPRING FRAMEWORK. S1 thesis, UAJY.
Text (HALAMAN JUDUL)
TF079620.pdf Download (427kB) |
|
Text (BAB I)
TF079621.pdf Download (301kB) |
|
Text (BAB II)
TF079622.pdf Download (182kB) |
|
Text (BAB III)
TF079623.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
Text (BAB IV)
TF079624.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
TF079625.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB VI)
TF079626.pdf Download (170kB) |
Abstract
Sistem ini dibangun dengan latar belakang permasalahan pada bagian manajerial divisi customer service (CS) di perusahaan PT. Global Digital Niaga (Blibli.com). Permasalahan yang muncul yaitu kesulitan manajerial divisi CS dalam mengagregasi nilai akhir inspeksi untuk setiap CS. Dari kesulitan tersebut maka muncul beberapa masalah lainnya yaitu lama waktu pemrosesan dan pekerjaan menjadi tidak efektif yang redundan. Karena itu dibangun sebuah sistem yang berguna untuk bagian manajerial melakukan inspeksi dengan mudah. Hasil inspeksi yang ada akan diolah oleh sistem menjadi data matang dan dengan menggunakan ilmu statistika akan ditampilkan menjadi informasi statistik yang siap disajikan untuk bagian manajerial divisi CS. Pembangunan sistem ini menggunakan metode SCRUM, dengan Product Owner adalah bagian manajerial divisi CS. Proses Sprint dilakukan mulai bulan Februari hingga bulan Juni. Framework Spring digunakan untuk menyesuaikan dengan standar pembangunan perangkat lunak pada PT. Global Digital Niaga. Aplikasi yang dibangun berbasis web agar dapat diakses dengan mudah oleh seluruh pegawai dan memudahkan maintenance dalam skala perusahaan. Secara keseluruhan aplikasi akan dibagi menjadi 2 bagian yaitu back-end dengan menggunakan Framework Spring sebagai web service dan front-end menggunakan ReactJS. Basis Data yang digunakan yaitu PostgreSQL. Penelitian ini menghasilkan beberapa hasil perancangan, diantaranya analisa kebutuhan sistem, use case diagram, class diagram, sequence diagram, desain basis data, dan sistem informasi customer service review yang diimplementasikan pada PT. Global Digital Niaga (Blibli.com). Dengan adanya penelitian ini, dihasilkan sistem yang dapat memberikan kemudahan bagi manajerial customer service dalam melakukan inspeksi kinerja terhadap customer service.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer Service Review, Review Internal Perusahaan, Spring Framework,ReactJS, REST API. |
Subjects: | Teknik Informatika > Mobile Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 07 Mar 2018 08:40 |
Last Modified: | 07 Mar 2018 08:45 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14151 |
Actions (login required)
View Item |