PENGARUH KEPERCAYAAN, KEAMANAN, KUALITAS PELAYANAN DAN RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BISNIS ONLINE

Adi, Tjioe Imanuel Pramudya (2016) PENGARUH KEPERCAYAAN, KEAMANAN, KUALITAS PELAYANAN DAN RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BISNIS ONLINE. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Tjioe Imanuel Pramudya Adi)
EM18935.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pengambilan keputusan pembelian pada produk atau jasa layanan yang dilakukan konsumen dilakukan melalui proses mulai dari pengenalan kebutuhan. Proses pengambilan keputusan pembelian tersebut berlaku sama pada sistem pembelian secara tradisional (pembelian secara langsung) maupun modern (seperti online shopping). Pemasar dewasa ini telah menggunakan fasilitas teknologi informasi untuk memasarkan produk atau jasa layanan mereka. Sistem pemasaran dengan menggunakan internet memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mencari produk atau jasa layanan yang dibutuhkannya. Ada banyak faktor yang menentukan dimana (bisnis online) konsumen membeli produk atau jasa di bisnis online. Kepercayaan, keamanan, kualitas layanan dan risiko merupakan beberapa faktor yang menentukan pengambilan keputusan pembelian konsumen dalam bisnis online. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis penilaian konsumen pada faktor kepercayaan, keamanan, kualitas layanan, risiko dari trankasi bisnis secara onlinedan tingkat pengambilan keputusan pembelian konsumen di bisnis online. Penelitian ini juga dilakukan untuk menguji pengaruh kepercayaan, keamanan, kualitas layanan dan risiko terhadap pengambilan keputusan pembelian konsumen di bisnis online. Sampel penelitian ini sebanyak 150 orang konsumen yang pernah melakukan pembelian secara online minimal sebanyak 3 kali dalam 6 bulan terakhir. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Konsumen memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi pada bisnis online. 2) Konsumen memiliki penilaian yang baik pada keamanan transaksi di bisnis online. 3) Konsumen memiliki penilaian yang baik pada kualitas layanan bisnis online. 4) Konsumen memiliki penilaian mengenai risiko yang cukup tinggi. 5) Keputusan pembelian konsumen di bisnis online termasuk dalam kategori yang tinggi. Kepercayaan, keamanan, kualitas layanan dan risiko secara simultan mampu memprediksi 54% perubahan keputusan pembelian. Kepercayaan, keamanan, dan kualitas layanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan risiko memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, Risiko, Keputusan Pembelian, Bisnis Online
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2018 08:36
Last Modified: 08 Mar 2018 08:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14166

Actions (login required)

View Item View Item