KAJIAN USAHA KECIL PERIKANAN LAUT DI KECAMATAN ILE APE DAN ILE APE TIMUR KABUPATEN LEMBATA PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR TAHUN 2016

Suban, Fransiska Tena (2016) KAJIAN USAHA KECIL PERIKANAN LAUT DI KECAMATAN ILE APE DAN ILE APE TIMUR KABUPATEN LEMBATA PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR TAHUN 2016. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Fransiska Tena Suban)
IE19301.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produksi dan pemasaran nelayan, pendapatan nelayan, dan pekerjaan sampingan nelayan di Kabupaten Lembata khususnya di Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur. Data yang digunakan merupakan data primer. Data primer diperoleh melalui survei lapangan. Alat analisis yang digunakan adalah alat analisis deskriptif. Hasil dari penelitian menemukan bahwa 88 % nelayan rata – rata berusia 21 – 40 tahun yang aktif kegiatan melaut selama 6 – 10 tahun, dengan latar belakang pendidikan setingkat SD – SMP. Perlengkapan melaut nelayan juga masih tradisional, 32% nelayan masih menggunakan alat tangkap pukat tarik. Armada penangkapan yang digunakan oleh 64% nelayan adalah perahu tanpa motor, karena dapat digunakan untuk menangkap lebih banyak jenis ikan juga disesuaikan dengan kondisi dan keadaan nelayan. Kegiatan melaut nelayan 50% dilakukan setiap hari dan pagi hari pada saat musim melaut. Jenis ikan yang banyak didapat ikan tongkol, ikan kembung, dan ikan pindang. Pendapatan nelayan sekali melaut sekitar Rp100.000 – Rp300.000 namun bisa mencapai diatas Rp600.000 jika banyak penghasilan ikan. Pekerjaan sampingan selain nelayan adalah 80% petani. Dilihat dari pendapatan, kesejahteraan nelayan di Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur dari pendapatan yang diperoleh dikategorikan cukup.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ekonomi rumah tangga perikanan, produksi nelayan, pendapatan nelayan
Subjects: Ilmu Ekonomi > UKM
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Mar 2018 08:00
Last Modified: 09 Mar 2018 08:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14176

Actions (login required)

View Item View Item