EVALUASI PENETAPAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA UKM ROTI SEN-SEN DI PALANGKARAYA

Kusuma, Yonatan Jimmy (2016) EVALUASI PENETAPAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA UKM ROTI SEN-SEN DI PALANGKARAYA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Yonatan Jimmy Kusuma)
EA18732.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harga pokok produksi satuan roti pada Roti Sen-Sen menurut metode akuntansi. Dalam menentukan perhitungan harga pokok produksi perusahaan telah menghitung biaya bahan baku,biaya tenaga kerja langsung, biaya listrik, biaya mesin, dan biaya bahan bakar (gas). Perhitungan ini dilakukan karena dalam mengklasifikasikan elemen biaya, perusahaan belum mengklasifikasikan elemen biaya yang benar. Pada elemen biaya tenaga kerja langsung perusahaan memasukan upah tenaga mandor yang bukan merupakan elemen biaya tenaga kerja langsung. Pada elemen biaya overhead pabrik perusahaan hanya memasukan biaya listrik, biaya mesin dan biaya bahan bakar (gas) dengan estimasi 10% dari total bahan baku. Dari perhitungan yang telah dilakukan didapatkan bahwa terjadi selisih perhitungan yang dilakukan oleh perusahaan dengan perhitungan berdasarkan konsep akuntansi biaya. Selisih perhitungan roti manis sebesar Rp 800,-/unit,- atau 5,4%. Terdapat selisih perhitungan roti tawar sebesar Rp1.250,-/unit,- atau 8,3%. Terdapat selisih perhitungan roti isi kecil coklat sebesar Rp 1.400,-/unit,- atau 40%. Terdapat selisih perhitungan roti isi keju sebesar Rp 500,-/unit,- atau 14,28%. Terdapat selisih perhitungan roti isi besar coklat sebesar Rp 7.300,-/unit,- atau 39.89%. Terdapat selisih perhitungan roti isi besar keju sebesar Rp 3.200,-/unit,- atau 17.48%. Terdapat selisih perhitungan roti isi besar coklat-keju sebesar Rp 4.800,-/unit,- atau 26,22%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja Langsung, Biaya Overhead Pabrik, Harga Pokok Produksi per Satuan
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Mar 2018 09:12
Last Modified: 09 Mar 2018 09:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14183

Actions (login required)

View Item View Item