LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PERPUSTAKAAN ANAK DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ANAK

HANDAYANI, WAHYU NUR (2016) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PERPUSTAKAAN ANAK DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ANAK. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (WAHYU NUR HANDAYANI)
TA13950.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Kualitas SDM dari suatu negara akan menentukan tingkat perkembangan dari keberadaan negara itu sendiri. Untuk era-perkembangan teknologi dan informasi saat ini, diperlukan keterbukaan suatu negara terhadap informasi dan penguasaan materi yang lebih cepat dari setiap kalangan masyarakat. Melihat perkembangan tersebut, berbagai informasi tersebar dengan cepat di berbagai peralatan teknologi yang memudahkan masyarakat dan jauh lebih menarik dalam berbagai hal. Akan tetapi, tidak selamanya perkembangan ini memberi dampak positif. Kenyataannya, hal-hal menarik yang ditemukan di dunia teknologi dan informasi tersebut memberikan kebiasaan lama dan positif yang sudah ada mulai dilupakan, yaitu kebiasaan membaca. Membaca merupakan salah satu cara untuk membuka jendela dunia, dari berbagai macam sumber. Dengan membaca, berbagai informasi dan pengetahuan kita akan semakin bertambah, sehingga kebiasaan membaca menjadi penting untuk seluruh kalangan masyarakat. Sumber yang ada saat ini bisa didapat dari berbagai media, baik media cetak maupun media online. Hal ini memberi dampak positif terhadap kalangan dewasa, akan tetapi tidak semua untuk kalangan anak-anak. Kenyataannya kebiasaan membaca di kalangan anak-anak di masa sekarang mulai berkurang, tergantikan dengan berbagai permainan menarik di dunia teknologi. Juga kekhawatiran orang tua terhadap anak, karena informasi yang bebas tersebar di dunia online, membuat mereka harus lebih berhati-hati. Yogyakarta dikenal kota pelajar, dimana pelajar dari berbagai kalangan usia dan tempat banyak menimba ilmu. Dengan begitu, dalam rangka meningkatkan kebiasaan membaca masyarakat Yogyakarta, terutama kalangan anak diperlukan sebuah gagasan baru yang menarik. Perpustakaan memiliki peranan penting, dalam hal ini untuk menumbuhkan minat baca kembali, khususnya di kalangan anak. Perpustakaan yang ada nantinya diharapkan dapat menarik kalangan anak dengan konsep program yang ada didalamnya, kebutuhan aktifitas penunjang, dan kemasan yang menarik dari segi pembentukan ruangnya sendiri. Perpustakaan Anak di Yogyakarta dengan pendekatan Psikologi Anak ini direncanakan dan dirancang untuk membantu menumbuhkan lagi minat anak di Yogyakarta untuk membaca. Prinsip psikologi anak yang ada akan diterapkan, sehingga kebutuhan ruang yang ada akan menyesuaikan kebutuhan anak dalam berkembang menyesuaikan karakter tiap kalangan usia. Sebagai sarana edukasi, perpustakaan ini haruslah menarik anak sehingga dapat menumbuhkan kemampuan imajinatifnya, memberikan kenyamanan dan memiliki unsur rekreatif sehingga membuat anak tertarik ii untuk datang, membaca sambil menikmati berbagai atraksi lain didalamnya. Tidak hanya anak, orang tua juga akan diajak untuk turut serta dalam menumbuhkan minat baca anak, sehingga orang tua dapat melihat perkembangan anak dan mengawasainya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perpustakaan, anak, psikologi, imajinatif, kenyamanan, rekreatif, arsitektur
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Mar 2018 09:35
Last Modified: 13 Mar 2018 09:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14224

Actions (login required)

View Item View Item