LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN RESORT & CONVENTION CENTER DI KAWASAN EKOWISATA PANTAI PATHEK SITUBONDO

UTAMA, SIMON HARTONO TANDA (2016) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN RESORT & CONVENTION CENTER DI KAWASAN EKOWISATA PANTAI PATHEK SITUBONDO. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (SIMON HARTONO TANDA UTAMA)
TA13946.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60MB)

Abstract

Resort & Convention Center di Kawasan Ekowisata Pantai Pathek Situbondo merupakan gabungan dari Resort Hotel dan Convention Center, sehingga dapat dideskripsikan sebagai tempat untuk pengunjung mengadakan pertemuan atau acara yang dapat menampung undangan dalam jumlah besar, serta didukung oleh penginapan yang terintegritas dan memiliki berbagai fasilitas untuk rekreasi. Lokasinya yang berada di Kawasan Ekowisata Pantai Pathek membuat perancangan mengarah pada konsep rekreasi yang bersifat ekologis, alami, atau wisata alam. Pendekatan ekologis ini juga terkait dengan prinsip Feng Shui, yang dipercaya bila diterapkan dengan baik, akan mendatangkan keharmonisan serta berbagai keberuntungan dalam berbagai aspek kehidupan penggunanya. Salah satu penekanan rekreasi yang ditonjolkan pada Resort Hotel ini yaitu fasilitas Pusat Penelitian dan Konservasi Terumbu Karang, yang kelak akan dikembangkan dan dirancang lebih lanjut. Masyarakat Situbondo membutuhkan adanya sebuah Gedung Serbaguna yang berkapasitas besar karena saat ini masih belum ada ballroom hall pada sebuah hotel atau sejenisnya di Kabupaten Situbondo yang mampu menampung ribuan orang. Berkaitan dengan hal tersebut, rencana pembangunan di Kabupaten Situbondo hendak mengembangkan Pantai Pathek sebagai daerah wisata yang terhubung secara jalur bahari dengan tujuan wisata internasional yang sangat terkenal, yaitu Bali. Potensi tersebut mendasari pembangunan Resort & Convention Center di Kawasan Ekowisata Pantai Pathek Situbondo yang mengedepankan konsep rekreasi alami, yang membuat pengunjung dapat menikmati keindahan lautan dengan cara yang menarik, yaitu akuarium raksasa, serta pusat konservasi terumbu karang. Resort & Convention Center di Kawasan Ekowisata Pantai Pathek Situbondo juga memberikan pelayanan resort hotel yang bertaraf hotel berbintang tiga atau lebih tinggi, dengan sasaran konsumen tingkat menegah ke atas. Berbagai fasilitas resort hotel, seperti kolam renang, spa, sauna, berbagai sarana olahraga, dan sebagainya juga disediakan. Fasilitas tersebut untuk memaksimal tujuan utama dari resort hotel yaitu untuk menikmati wisata dan rekreasi dari kesibukan sehari-hari

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: resort hotel, convention center, arsitektur ekologis, ekoarsitektur, eco-design, feng shui, rekreasi, alam, laut, konservasi terumbu karang.
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Mar 2018 09:58
Last Modified: 15 Mar 2018 09:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14261

Actions (login required)

View Item View Item