PENGARUH JUMLAH SPPT, NJOP BUMI/TANAH DAN BANGUNAN, DAN TUNGGAKAN PAJAK TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP PENERIMAAN PBB-P2 DI KABUPATEN BANTUL

PUSPITA, APRILIA CANDRA (2016) PENGARUH JUMLAH SPPT, NJOP BUMI/TANAH DAN BANGUNAN, DAN TUNGGAKAN PAJAK TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP PENERIMAAN PBB-P2 DI KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (APRILIA CANDRA PUSPITA)
EA19632.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali apakah terdapat pengaruh antara variabel-variabel independen seperti jumlah SPPT, NJOP Bumi/Tanah dan Bangunan, dan Tunggakan Pajak Tahun Sebelumnya terhadap variabel dependen seperti Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) baik secara pengujian nilai t maupun pengujian nilai F. Data yang diperoleh berasal dari Dinas Pendapatan Pengelolaan Aset dan Keuangan Daerah (DPPKAD) Kabupaten Bantul yang meliputi data Jumlah SPPT, NJOP Bumi/Tanah per meter persegi, NJOP Bangunan per meter persegi, Tunggakan Pajak, dan Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). Metodologi penelitian dalam penelitian penulis adalah penelitian kausal komparatif dengan jumlah data 34. Jenis data yang dipakai adalah data arsip sekunder dengan unit data kecamatan selama dua (2) tahun. Sebelum melakukan pengujian hipotesis, data dianalisis terlebih dahulu dengan pengujian asumsi klasik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan alat analisis statistik regresi linier berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1). Hasil pengujian nilai t menunjukkan bahwa variabel NJOP Bumi/Tanah dan tunggakan pajak tahun sebelumnya berpengaruh positif signifikan terhadap penerimaan pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB-P2), akan tetapi variabel jumlah SPPT dan NJOP Bangunan tidak berpengaruh terhadap penerimaan pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB-P2). (2). Hasil pengujian nilai F menunjukkan bahwa model penelitian layak dengan variabel jumlah SPPT, NJOP Bumi/Tanah dan Bangunan, dan tunggakan pajak tahun sebelumnya berpengaruh positif signifikan terhadap variabel penerimaan pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB-P2).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SPPT, NJOP Bumi/Tanah, NJOP Bangunan, Tunggakan Pajak, dan Penerimaan PBB-P2
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Mar 2018 08:01
Last Modified: 16 Mar 2018 08:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14272

Actions (login required)

View Item View Item