AUDIT OPERASIONAL ATAS FUNGSI PENJUALAN SEWA KAMAR (STUDI PADA HOTEL MUTIARA YOGYAKARTA)

Adrianto, Octavianus Hendri Permana (2016) AUDIT OPERASIONAL ATAS FUNGSI PENJUALAN SEWA KAMAR (STUDI PADA HOTEL MUTIARA YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Octavianus Hendri Permana Adrianto)
EA19847.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan operasional atas fungsi penjualan sewa kamar Hotel Mutiara Yogyakarta pada 2015 sudah efisien dan efektif. Temuan-temuan dan rekomendasi yang diberikan dalam penelitian diharpkan mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas fungsi penjualan Hotel Mutiara Yogyakarta. Data yang digunakan merupakan data primer. Data primer diperoleh dari Financial Statement Hotel Mutiara Yogyakarta tahun 2011-2015. Tidak hanya melalui Financial Statement saja, data primer juga diperoleh melalui kegiatan wawancara dan observasi langsung. Efektivitas mengukur kesuksesan organisasi, program, atau aktivitas dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Efisiensi bertujuan menilai tingkat pemakaian biaya untuk kontribusi pendapatan. Selanjutnya analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis kegiatan operasional Hotel Mutiara Yogyakarta. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa kegiatan fungsi penjualan sewa kamar Hotel Mutiara Yogyakarta tahun 2015 belum efisien dan efektif. Kegiatan fungsi penjualan belum efektif karena persentase tingkat hunian sebesar 93,78%. Perusahaan mentargetkan tingkat hunian kamar pada tahun 2015 sebanyak 32.470 kamar tetapi realisasinya hanya 30.451. Dikatakan belum efisien karena persentase pencapaian biaya marketing and promotion tahun 2015 sebesar 146.53% lebih tinggi dari pada persentase pencapaian target tingkat hunian kamar yang hanya 93.78%. Berdasarkan temuan tersebut, rekomendasi yang dapat diberikan antara lain: (1) Media promosi yang berupa website segera diperbaiki. Akan lebih baik jika merambah ke media sosial seperti facebook, twitter, instagram. (2) Pihak Manajemen sebaiknya menjaga performanya dalam menanggapi complain pelanggan. (3) Pihak manajemen mulai merencanakan untuk melakukan renovasi secara bertahap. (4) Sebaiknya, ada orang yang secara khusus membalas review-review dari pelanggan yang ada di situs-situs perjalanan online.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: audit operasional, efisiensi, efektif, temuan, dan rekomendasi
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Mar 2018 11:14
Last Modified: 16 Mar 2018 11:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14285

Actions (login required)

View Item View Item