EFEK TANGGAL PENGUMUMAN PELAKSANAAN AKUISISI TERHADAP ABNORMAL RETURN PERUSAHAAN AKUISITOR YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2016.

Panjaitan, Pahothon Immanuel (2018) EFEK TANGGAL PENGUMUMAN PELAKSANAAN AKUISISI TERHADAP ABNORMAL RETURN PERUSAHAAN AKUISITOR YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2016. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Pahothon Immanuel Panjaitan)
EM20827.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan abnormal return perusahaan pengakuisisi saat sebelum dan sesudah tanggal pengumuman pelaksanaan akuisisi periode 2010-2016. Tanggal pengumuman pelaksanaan akuisisi merupakan kandungan informasi yang dapat mempengaruhi harga saham perusahaan dan termasuk dalam efisiensi pasar bentuk setengah kuat (semistrong form). Penelitian ini menggunakan event study untuk meneliti reaksi pasar terhadap tanggal pengumuman pelaksanaan akuisisi. Abnormal return merupakan selisih antara return saham dengan return ekspektasi. Return ekspektasi terdiri dari 3 model, yaitu mean-adjusted model, market model, dan market-adjusted model. Penelitian ini memilih market model sebagai model perhitungan return ekspektasi. Penelitian ini menggunakan periode estimasi selama 200 hari untuk model ekspektasi dan periode peristiwa selama 10 hari sebelum dan sesudah peristiwa. Dengan menggunakan metode purposive sampling, diperoleh sampel sebanyak 19 perusahaan pengakuisisi. Pengujian penelitian ini menggunakan variabel average abnormal return dengan 3 tahap pengujian, yaitu uji deskriptif, uji normalitas dan pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan spss versi 24.0 dan masing-masing alat uji, yaitu One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test untuk menguji normalitas data dan uji Paired-Sample t Test untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian hipotesis yang dilakukan pada perusahaan pengakuisisi terhadap tanggal pengumuman pelaksanaan akuisisi selama periode peristiwa (event period) yaitu selama 10 hari sebelum tanggal pengumuman pelaksanaan akuisisi dan 10 hari sesudah tanggal pengumuman pelaksanaan akuisisi tidak diperoleh adanya perbedaan average abnormal return selama periode peristiwa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Akuisisi, Efisiensi pasar secara informasi, Studi peristiwa, Return tidak normal.
Subjects: Manajemen > Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Apr 2018 09:05
Last Modified: 10 Apr 2018 09:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14374

Actions (login required)

View Item View Item