MODAL SOSIAL DALAM PRAKTEK-PRAKTEK KEBUDAYAAN LOKAL (Studi Analisis Deskriptif Kualitatif di Dusun Tutup Ngisor- Magelang-Jawa Tengah)

SOLANTA, EPIFANIUS (2017) MODAL SOSIAL DALAM PRAKTEK-PRAKTEK KEBUDAYAAN LOKAL (Studi Analisis Deskriptif Kualitatif di Dusun Tutup Ngisor- Magelang-Jawa Tengah). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (EPIFANIUS SOLANTA)
SOS05077.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: (1)Bentuk-bentuk praktek kebudayaan lokal di Dusun Tutup Ngisor; (2) Seni sebagai modal sosial dan modal sosial sebagai Seni dalam praktek kebudayaan lokal(3) Akumulasi modal sosial berbasis struktur jaringan melalui praktek kebudayaan lokal yang berbasis pada kesenian pertunjukan. Dalam proses penelitian, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data primer dikumpulkan melalui kegiatan wawancara dengan beberapa aktor kunci yang ada di Dusun Tutup Ngisor. Selain metode wawancara, juga menggunakan metode FGD (Focus Group Discussion) yang dilaksanakan bersama warga serta berpartisipasi secara aktif. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka di perpustakaan dan juga di internet. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan kategori data serta proses trianggulasi. Di samping itu, dalam proses pemetaan jaringan sosial, penulis menggunakan metode analisis sosiometrik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bentuk-bentuk praktek kebudayaan lokal yang ada di Dusun Tutup Ngisor antara lain: pementasan wajib empat kali dalam setahun, pemberian sesaji, pertunjukan Dewi Sri dan Gamelan malam Jumat. (2) Praktek kebudayaan lokal tersebut berkembang dikarenakan oleh kekuatan modal sosial dan struktur jaringan dengan institusi pemerintah, gereja, sekolah, media dan komunitas seni (3) Bentuk modal sosial diantaranya partisipasi, kerja sama kelompok, norma sosial, kepercayaan dan resiprositas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Seni, Modal Sosial, Struktur Jaringan dan Kebudayaan Lokal
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Apr 2018 11:16
Last Modified: 12 Apr 2018 11:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14409

Actions (login required)

View Item View Item