PENGARUH UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK, JUMLAH KOMITE AUDIT, RETURN ON ASSETS DAN DEBT TO TOTAL ASSETS TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2016)

Dewi, Yustina Noveriana Ratri (2018) PENGARUH UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK, JUMLAH KOMITE AUDIT, RETURN ON ASSETS DAN DEBT TO TOTAL ASSETS TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Yustina Noveriana Ratri Dewi)
EA19367.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tepat atau terlambatnya penyampaian laporan keuangan dapat dipengaruhi oleh jangka waktu auditor dalam menyelesaikan pekerjaan audit (audit report lag). Audit report lag adalah lamanya waktu dalam menyampaikan laporan keuangan dilihat dari tanggal tutup buku laporan keuangan perusahaan sampai tanggal laporan auditor independen (Andika, 2015). Banyak faktor yang mempengaruhi audit report lag antara lain ukuran Kantor Akuntan Publik, jumlah komite audit, return on assets, dan debt to total assets. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ukuran Kantor Akuntan Publik, jumlah komite audit, return on asset dan debt to total assets memiliki pengaruh terhadap audit report lag. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran Kantor Akuntan Publik, jumlah komite audit dan return on assets berpengaruh negatif terhadap audit report lag serta debt to total assets tidak berpengaruh terhadap audit report lag.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Audit Report Lag, Ukuran Kantor Akuntan Publik, Jumlah Komite Audit, Return on Assets, Debt to Total Assets.
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Apr 2018 08:35
Last Modified: 13 Apr 2018 08:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14419

Actions (login required)

View Item View Item