PERAN PEMERINTAH DALAM PEMBUATAN KONTRAK LISENSI DENGAN OBYEK TEKNOLOGI(KHUSUSNYA PATEN DAN RAHASIA DAGANG)DI INDONESIA

Yohanes , Triyana and Arinto, N. Budi PERAN PEMERINTAH DALAM PEMBUATAN KONTRAK LISENSI DENGAN OBYEK TEKNOLOGI(KHUSUSNYA PATEN DAN RAHASIA DAGANG)DI INDONESIA. [Research]

[img] Text (PERAN PEMERINTAH DALAM PEMBUATAN KONTRAK LISENSI DENGAN OBYEK TEKNOLOGI(KHUSUSNYA PATEN DAN RAHASIA DAGANG)DI INDONESIA)
2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemerintah memiliki peran penting dalam pembuatan kontrak lisensi dengali obyek teknologi di Indonesia mengingat teknologi merupakan komponen penting dalam pembangunan. Berbagai peraturan perundangan di Indonesia telah memberikan dasar hukum bagi peran Pemerintah dalam pembuatan kontrak lisensi dengan obyek teknologi. Bagaimana peran Pemerintah dalam pembuatan kontrak lisensi dengan obyek teknologi di Indonesia dalam penelitian ini diteliti dengan menggunakan metode yuridis analistis dengan menggunakan cara pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan wawancara dengan narasumber di kantor Direktorat Jendral HKI. Dari penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Pemerintah berperan dengan cara memberi bantuan dalam pembuatan kontrak lisensi teknologi dalam hal teknoiugi tersebut berasal dari luar negeri dan Pemerintah bertin::lak sebagai pengawas agar kontrak-kontrak lisensi dengan obyek teknologi tidak memuat ketentuan yang dapat merugikan perekonomian Indonesia serta bersifat menghambat penguasaan teknologi oleh bangsa Indonesia dan mt:nimbulkan persaingan usaha tidak sehat. Dalam praktek peran Pemerintah tersebut belurn dapat dilaksanakan dengan baik karena ketidak jelasan peraturan hukum dan kurang seriusnya Pemerintah dalam melaksanakan peran tersebut.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: Lisensi , kebebasan berkontrak, klausula terlarang
Subjects: Ilmu Hukum > Ekonomi Bisnis
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Apr 2018 11:54
Last Modified: 17 Apr 2018 11:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14449

Actions (login required)

View Item View Item