PENGARUH JINGLE IKLAN TERHADAP PRODUCT KNOWLEDGE (Studi Eksperimen Pengaruh Jingle Iklan “Bejonya Tuh Disini” di Media TV dan Radio terhadap Product Knowledge Mahasiswa UAJY tentang Bintang Toedjoe Masuk Angin)

LEREBULAN, LEA IMELDA (2016) PENGARUH JINGLE IKLAN TERHADAP PRODUCT KNOWLEDGE (Studi Eksperimen Pengaruh Jingle Iklan “Bejonya Tuh Disini” di Media TV dan Radio terhadap Product Knowledge Mahasiswa UAJY tentang Bintang Toedjoe Masuk Angin). S1 thesis, UAJY.

[img] Other (LEA IMELDA LEREBULAN)
KOM04803.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh jingle iklan “Bejonya Tuh Disini” di Media TV dan Radio terhadap product knowledge Mahasiswa UAJY tentang Bintang Toedjoe Masuk Angin. Peneliti mengkaji dengan menggunakan teori komunikasi pemasaran, iklan TV dan radio, jingle iklan, product knowledge serta teori selective influence. Kerangka konsep yang digunakan yaitu penjelasan mengenai treatment jingle iklan terhadap kelompok eksperimen, karakter iklan di media TV maupun radio, serta product knowledge responden pada tahap atribut, manfaat dan kepuasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu, dengan desain nonequivalent control. Desain ini menggunakan pretest-posttest serta membedakan antara 3 kelompok eksperimen dan 1 kelompok kontrol. Ketiga kelompok tersebut diantaranya kelompok responden yang mendengar dan melihat jingle iklan TVC (audiovisuai), kelompok responden yang hanya mendengar audio dari jingle iklan TVC, dan kelompok responden yang mendengar jingle iklan radio. Subyek yang digunakan adalah Mahsiswa UAJY dengan jumlah setiap kelompok 15 responden. Perolehan data melalui SPSS dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas, distribusi frekuensi serta uji beda yang terdiri dari paired sample t test dan one way anova yang berguna untuk mengetahui pengaruh jingle terhadap product knowledge, dilihat dari perbedaan rata-rata setiap kelompok. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tidak ada perbedaan rata-rata antara pretest-posttest setiap kelompok eksperimen maupun rata-rata antara keempat kelompok, yang artinya rata-rata product knowledge sebelum dan setelah perlakuan maupun antara keempat kelompok tersebut sama saja. Jadi berdasarkan hasil, dapat dikatakan bahwa tidak ada pengaruh Jingle iklan “Bejonya Tuh Disini” terhadap Product Knowledge

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jingle Iklan, Product Knowledge.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Apr 2018 11:26
Last Modified: 18 Apr 2018 11:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14471

Actions (login required)

View Item View Item