EFEKTIFITAS STRATEGI PROMOSI JOGJA TV DALAM PEMBENTUKAN CITRA SEBAGAI TELEVISI LOKAL BERBUDAYA JAWA Disusun oleh : Ivan Stevanus (101004224) PROGRAM STUDI SOSIOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA 2017

Stevanus, Ivan (2017) EFEKTIFITAS STRATEGI PROMOSI JOGJA TV DALAM PEMBENTUKAN CITRA SEBAGAI TELEVISI LOKAL BERBUDAYA JAWA Disusun oleh : Ivan Stevanus (101004224) PROGRAM STUDI SOSIOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA 2017. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Ivan Stevanus)
SOS04224).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Strategi merupakan sebuah rencana yang disatukan, luas, dan terintegrasi yang menghubungkan keunggulan strategi perusahaan dengan tantangan lingkungan dan yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi. Pengertian promosi menurut Mell s (1995), yaitu “promotion is defined as communication designed to send marketing related messages to a selected target audiences”. Pengertian tersebut dapat diartikan bahwa promosi didefinisikan sebagai suatu disain komunikasi untuk mengirimkan suatu pesan yang ingin disampaikan kepasar sasaran yang telah di pilih.Strategi promosi merupakan strategi komunikasi yang berhubungan dengan bagaimana perusahaan mempengaruhi calon konsumen/audience menempatkan produk tersebut di dalam otaknya, dalam alam khayalannya, sehingga calon konsumen memiliki penilaian tertentu dan mengidentifikasi dirinya dengan produk itu. Salah satu perusahaan yang melakukan strategi promosi untuk membentuk citra agar dipandang masyarakat sebagai stasiun televisi lokal yang mengandung nilai budaya Jawa adalah Jogja TV. Strategi promosi dalam pembentukan citra yang dilakukan Jogja TV meliputi strategi melalui logo dan tagline dan program acara Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas strategi promosi yang dilakukan oleh Jogja TV menggunakan Metode EPIC model. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan analisa menggunakan metode EPIC model. Hasil analisis dengan menggunakan metode EPIC model diketahui bahwa strategi promosi yang dilakukan Jogja TV sudah efektif dalam membentuk citra perusahaan dan produk Jogja TV sebagai usaha agar dikenal masyarakat sebagai televisi lokal berbudaya Jawa. Analisis menggunakan EPIC Model menunjukkan bahwa ketiga strategi tersebut efektif dinilai dari keempat dimensi empathy (empati), persuation (persuasi), impact (dampak), dan communication (komunikasi) dimana strategi logo paling efefktif diterapkan dalam membangun citra di dalam benak audience dalam didimensi impact dengan nilai sebesar 3.12 , strategi tagline paling efektif didimensi emphaty nilai sebesar 3.10, dan strategi program acara paling efektif didimensi persuation dengan nilai sebesar 3.43. Dari ketiga strategi promosi yang dilakukan Jogja TV, strategi melalui program acara merupakan strategi yang paling efektif membangun citra Jogja TV dengan skor EPIC rate sebesar 3.21.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi, promosi, strategi promosi, efektivitas, citra, EPIC Model
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Apr 2018 13:12
Last Modified: 30 Apr 2018 13:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14550

Actions (login required)

View Item View Item