PENGARUH PERSEPSI PENERAPAN SISTEM E-FILING, TINGKAT PEMAHAMAN PERPAJAKAN, KESADARAN WAJIB PAJAK, DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KPP PRATAMA SLEMAN

MALAU, CHRISTIANI NONI (2017) PENGARUH PERSEPSI PENERAPAN SISTEM E-FILING, TINGKAT PEMAHAMAN PERPAJAKAN, KESADARAN WAJIB PAJAK, DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KPP PRATAMA SLEMAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (CHRISTIANI NONI MALAU)
EA20677.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi penerapan sistem efiling, tingkat pemahaman perpajakan, kesadaran wajib pajak, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Sleman. Variabel independen dalam penelitian ini adalah persepsi penerapan sistem e-filing, tingkat pemahaman perpajakan, kesadaran wajib pajak, sanksi perpajakan. Variabel dependen penelitian ini adalah kepatuhan wajib pajak Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pengujian instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi penerapan sistem e-filing, tingkat pemahaman perpajakan, kesadaran wajib pajak, dan sanksi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa diperoleh nilai koefisien determinasi 0,579 yang berarti bahwa persepsi penerapan sistem e-filing, tingkat pemahaman perpajakan, kesadaran wajib pajak, dan sanksi perpajakan mempengaruhi kepatuhan wajib pajak sebesar 0,579 atau 57,9 % , sedangkan sisanya 42,1% dipenngaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-filing, tingkat pemahaman perpajakan, kesadaran wajib Pajak, sanksi perpajakan, kepatuhan wajib pajak.
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 May 2018 07:53
Last Modified: 03 May 2018 07:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14585

Actions (login required)

View Item View Item