ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENGELOLAAN BERBASIS SWAKELOLA ATAU KONTRAKTOR PADA PT. UTAMA KARYA

Dhaneswara, Viktor Anindya (2018) ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENGELOLAAN BERBASIS SWAKELOLA ATAU KONTRAKTOR PADA PT. UTAMA KARYA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Viktor Anindya Dhaneswara)
EA21200.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keputusan mana yang lebih baik diambil oleh PT. Utama Karya dalam proses pengelolaan proyeknya untuk memaksimalkan laba yang diperoleh. Alternatif keputusan yaitu perusahaan memilih melakukan swakelola atau menggunakan kontraktor dalam menjalankan kegiatan operasional (pembangunan) perusahaan. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis yang dilakukan meliputi meramalkan besarnya nilai penjualan rumah dan beban-beban yang ditanggung perusahaan, menghitung besarnya laba/rugi perusahaan, dan menilai keputusan yang sebaiknya diambil dengan membandingkan laba/rugi diferensial dari alternatif yang ada. Hasil analisis menunjukkan keputusan yang harus diambil oleh perusahaan agar laba yang diterima perusahaan maksimal adalah alternatif keputusan melakukan swakelola. Dari sudut pandang finansial alternatif melakukan swakelola memiliki laba diferensial yang lebih besar dibandingkan dengan alternatif menggunakan kontraktor dengan laba diferensial sebesar Rp 185.715.808.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: investasi, akuntansi diferensial, analisis biaya diferensial
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 May 2018 08:30
Last Modified: 03 May 2018 08:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14591

Actions (login required)

View Item View Item