PENENTUAN HARGA JUAL JASA POLES BERDASARKAN METODE TIME AND MATERIAL PRICING PADA BENGKEL AYOPA

Modityana, Zita (2017) PENENTUAN HARGA JUAL JASA POLES BERDASARKAN METODE TIME AND MATERIAL PRICING PADA BENGKEL AYOPA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Zita Modityana)
EA19366.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penentuan penetapan harga jual jasa poles yang ditetapkan Bengkel AYOPA menggunakan metode Time and Material Pricing sehingga perusahaan dapat menentukan harga jual yang tepat. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang bersumber langsung dari Bengkel AYOPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) wawancara langsung dengan pihak yang terkait, (2) observasi langsung, (3) dokumentasi data. Analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan teknik perhitungan harga jual jasa poles menggunakan Time and Material Pricing, adapun langkah-langkah analisis datanya, sebagai berikut: (1) menentukan kapasitas yang diharapkan dalam bentuk waktu, (2) mengidentifikasi dan menentukan biaya langsung dan biaya tidak langsung terhadap setiap jenis jasa, (3) mengalokasikan biaya tidak langsung ke dalam setiap jenis jasa, (4) menentukan laba yang ditargetkan berdasarkan ROI, (5) menentukan tarif yang dibebankan untuk komponen waktu dan bahan, dan (6) menghitung perhitungan harga jual setiap jenis jasa. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan yaitu: (1) jumlah biaya untuk menghasilkan satu jam jasa adalah Rp 17.263, (2) biaya langsung sebesar Rp 7.685, (3) biaya tidak langsung sebesar Rp 2.068, (4) laba yang diharapkan sebesar Rp 7.511, dan (5) presentase material loading charge (MLC) adalah 23,21%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Harga Jual, Time and Material Pricing, Biaya Langsung, Biaya Tidak Langsung, Laba yang Diharapkan.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 May 2018 11:06
Last Modified: 07 May 2018 11:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14656

Actions (login required)

View Item View Item