PENGARUH PRODUK DOMESTIK BRUTO PER KAPITA DAN NILAI KURS TERHADAP JUMLAH WISATAWAN MANCANEGARA DI INDONESIA TAHUN 2004 – 2016

Gabriel, Michoel (2018) PENGARUH PRODUK DOMESTIK BRUTO PER KAPITA DAN NILAI KURS TERHADAP JUMLAH WISATAWAN MANCANEGARA DI INDONESIA TAHUN 2004 – 2016. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Michoel Gabriel)
EP20847.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Produk Domesti Bruto Per Kapita (PDBK) Wisatawan Mancanegra (wisman) dan nilai Kurs (Rp/USD) terhadap Jumlah Wisatawan Mancanegara (JWM) di Indonesia tahun 2004-2016. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu berupa data panel yang mewakili enam negara dengan kunjungan terbanyak ke Indonesia yaitu Singapura, Malaysia, Australia, Jepang, Republik Rakyat Tiongkok dan Korea Selatan, dimana variabel JWM bersumber dari Kementrian Pariwisata, variabel PDBK bersumber dari EconStats serta variabel nilai Kurs Indonesia bersumber dari Bank Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah Fixed Effect. Dalam mengolah data, penulis menggunakan software Eviews 8. Berdasarkan hasil estimasi, PDBK dan nilai Kurs berpengaruh positif serta signifikan terhadap JWM. Penelitian ini membuktikan bahwa variabel independen yang digunakan sangat mempengaruhi wisman dari enam negara terbanyak untuk berkunjung dengan motif berwisata ke Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Wisatawan Mancanegara, Produk Domestik Bruto/Kapita, Kurs.
Subjects: Ilmu Ekonomi > Perdagangan Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 May 2018 10:15
Last Modified: 16 May 2018 10:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14736

Actions (login required)

View Item View Item