PERBANDINGAN DAYA DUKUNG TIANG BERDASARKAN HASIL ANALISIS STANDART PENETRATION TEST (SPT), PILE DRIVING ANALYZER (PDA) DAN STATIC LOADING TEST STUDI KASUS PROYEK AMMONIA-UREA II PROJECT, PETROKIMIA GRESIK – JAWA TIMUR

TELAUMBANUA, DEBBY ANGELINA KRISTIYANTI (2018) PERBANDINGAN DAYA DUKUNG TIANG BERDASARKAN HASIL ANALISIS STANDART PENETRATION TEST (SPT), PILE DRIVING ANALYZER (PDA) DAN STATIC LOADING TEST STUDI KASUS PROYEK AMMONIA-UREA II PROJECT, PETROKIMIA GRESIK – JAWA TIMUR. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (DEBBY ANGELINA KRISTIYANTI TELAUMBANUA)
TS15437.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pondasi adalah struktur bangunan yang berada pada susunan paling bawah suatu bangunan yang befungsi untuk meneruskan gaya yang diterimanya ke dasar tanah yang cukup kuat untuk mendukungnya. Pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang saat ini penggunaan pondasi tiang sangat dibutuhkan melihat pembangunan gedung bertingkat tinggi yang semakin bertambah setiap tahunnya. Selain itu Indonesia juga merupakan negara yang rawan terhadap gempa, sehingga pentingnya suatu analisis percobaan mengenai daya dukung pondasi tiang. Penelitian ini bertujuan untuk mecari dan membandingkan daya dukung tiang hasil SPT, PDA Test dan Loading Test yang dapat dijadikan sebagai data acuan untuk proses pembangunan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan mengambil data-data yang sudah ada dari laporan penyelidikan tanah, laporan pengujian PDA Test dan laporan pengujian Loading Test pada proyek AMMONIA-UREA II PROJECT, Petrokimia Gresik – Jawa Timur. Penelitian ini hanya menganalisis 1 titik tiang tunggal pada kedalaman 22.5 m dari data penyelidikan tanah. Setelah data didapatkan kemudian dianalisis ulang dengan metode yang telah ditentukan. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai daya dukung tiang hasil SPT = 290.06 ton, dibandingkan dengan analisis metode Davisson pada Loading Test = 505 ton dan analisis metode Chin F.K. pada Loading Test = 479.99 ton serta analisis PDA Test = 517.5 ton. Perbedaan hasil analisis daya dukung setiap metode dapat disebabkan oleh keseragaman lapisan tanah dalam setiap lokasi tidak sama serta perbedaan asumsi dalam perhitungan juga dapat menyebabkan perbedaan hasil perhitungan. Dari hasil analisis tersebut proyek AMMONIA-UREA II PROJECT, Petrokimia Gresik – Jawa Timur dikategorikan sebagai bangunan yang aman karena Qu (daya dukung ultimit tiang hasil Loading Test) ⦥ Qu (daya dukung ultimit tiang hasil CPT/SPT) ⦤ Ru (daya dukung ultimit tiang hasil PDA).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pondasi Tiang, SPT, PDA Test, Loading Test.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 May 2018 09:13
Last Modified: 18 May 2018 09:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14774

Actions (login required)

View Item View Item