PENGARUH IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA TRANSPORTASI GOJEK (Studi pada Konsumen Pengguna Gojek di Daerah Istimewa Yogyakarta)

Paramasatya, Johan (2018) PENGARUH IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA TRANSPORTASI GOJEK (Studi pada Konsumen Pengguna Gojek di Daerah Istimewa Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Johan Paramasatya)
KOM04612.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Setiap perusahaan tidak lepas dari kegiatan iklan dalam rangka memperkenalkan produknya. Hal ini pulalah yang dilakukan oleh PT. Gojek Indonesia. Saat ini PT. Gojek Indonesia melakukan pemasaran melalui berbagai strategi iklan diantara nya melalaui iklan di media seperti televisi, iklan melalui baliho, poster, brosur dan lani-lain, serta iklan melalui penerapan Gojek App yang dapat diunduh melalui smartphone. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa iklan merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang harus dilakukan perusahaan untuk memberi informasi tentang produk atau jasanya, serta membujuk dan mengingatkan konsumen guna melakukan pembelian terhadap barang dan jasa yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh iklan yang telah dilakukan oleh PT. Gojek Indonesia terhadap keputusan penggunaan jasa transportasi Gojek di Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengguna Gojek di Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan yang telah dilakukan oleh PT. Gojek Indonesia berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa transportasi Gojek. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 8,043 yang lebih besar dibandingkan dengan t tabel sebesar 1,9845 dan koefisien regresi positif sebesar 0,471. Besarnya pengaruh iklan terhadap keputusan penggunaan jasa transportasi Gojek sebesar 0,398; hal ini berarti bahwa keputusan penggunaan jasa transportasi Gojek dipengaruhi oleh iklan sebesar 39,8%, sedangkan sisanya sebesar 60,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Dengan demikian, iklan terbukti mampu memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan penjualan, untuk itu perusahaan sebaiknya menjadikan iklan sebagai sarana utama dalam memperkenalkan produk atau jasa-jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Gojek. Terlebih saat ini dalam mengiklankan produk atau jasa sangat mudah seiring dengan perkembangan teknologi internet yang semakin berkembang dan canggih dalam penggunaannya. Meningkatkan frekuensi iklan baik secara elektronik maupun media-media lainnya karena terbukti mampu meningkatkan penjualan Gojek.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Keputusan Penggunaan, Gojek
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 May 2018 08:11
Last Modified: 21 May 2018 08:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14806

Actions (login required)

View Item View Item