PENGARUH KUALITAS PROGRAM HUBUNGAN PELANGGAN TERHADAP CITRA ASTRA MOTOR CABANG YOGYAKARTA (Studi Kasus pada Program Safety Riding) ABSTRAK

Effendi, Pregrinus Roland (2018) PENGARUH KUALITAS PROGRAM HUBUNGAN PELANGGAN TERHADAP CITRA ASTRA MOTOR CABANG YOGYAKARTA (Studi Kasus pada Program Safety Riding) ABSTRAK. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Pregrinus Roland Effendi)
KOM4556.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Hubungan pelanggan merupakan jembatan antara perusahaan dengan pelanggan agar terciptanya kepuasan pada pelanggan dan rasa kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan yang berdampak pada peningkatan kredibilitas atau citra yang baik pada perusahaan. Salah satu hubungan pelanggan yang dilakukan oleh Astra Motor Cabang Yogyakarta adalah kegiatan acara safety riding. Safety riding merupakan pemberian edukasi dan ketrampilan dalam hal berkendara yang aman dan nyaman. Untuk mengetahui citra dari Astra Motor Cabang Yogyakarta, maka diperlukan kualitas program hubungan pelanggan dari kegiatan acara safety riding yang dilakukan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas program hubungan pelanggan dan terbentuknya citra. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner kepada pelanggan Astra Motor Cabang Yogyakarta yang telah mengikuti kegiatan safety riding. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi Product Moment Pearson untuk mengetahui pengaruh kualitas program hubungan pelanggan terhadap citra Astra Motor Cabang Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas program hubungan pelanggan memiliki hubungan positif dan cukup kuat yang dibuktikan dengan (r) 0,695 dengan citra perusahaan yang dikontrol oleh karakteristik pelanggan. Berdasarkan hasil temuan data, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kualitas program hubungan pelanggan maka semakin tinggi pula citra perusahaan. Penelitian ini membuktikan kebenaran hipotesis bahwa ada pengaruh kualitas program hubungan pelanggan terhadap citra Astra Motor Cabang Yogyakarta dan kualitas program hubungan pelanggan terhadap citra Astra Motor cabang Yogyakarta semakin kuat pada responden laki-laki dan usia muda.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas program hubungan pelanggan, safety riding, Citra
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 May 2018 09:01
Last Modified: 21 May 2018 09:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14810

Actions (login required)

View Item View Item