PERKEMBANGAN EVENT MANAGEMENT PADA GELARAN EVENT (Studi Deskriptif Kualitatif Perkembangan Event Management Pada Gelaran Event Kustomfest Periode Pertama Hingga Periode Kelima)

SEPUTRA, SETIADJI KARUNIAWAN (2018) PERKEMBANGAN EVENT MANAGEMENT PADA GELARAN EVENT (Studi Deskriptif Kualitatif Perkembangan Event Management Pada Gelaran Event Kustomfest Periode Pertama Hingga Periode Kelima). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (SETIADJI KARUNIAWAN SEPUTRA)
KOM4613.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Terdapat berbagai cara untuk menjangkau konsumen dalam dunia komunikasi pemasaran. Selain melalui cara konvensional seperti beriklan pada media billboard, koran, radio, dan televisi, aktivitas lain yang sering dilakukan adalah dengan penyelenggarakan event. Agar pesan yang ingin disampaikan dalam sebuah event dapat berhasil maka diperlukan sebuah event managemnt yang baik. Event sendiri memiliki berbagai jenis, namun festival event merupakan salah satu jenis event yang banyak diselenggarakan di berbagai belahan dunia. Berbicara mengenai festival event, di Yogyakarta terdapat sebuah festival event yang sudah terselenggara sebanyak lima kali, dan dari tahun 2012 hingga 2016. Tentu saja festival event tersebut terus mengalami perkembangan dalam hal event management. Event tersebut bernama Kustomfest. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif dan dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan event management Kustomfest sejak penyelenggaraan pertama tahun 2012 hingga pada penyelenggaraan ke lima pada tahun 2016. Hasil dari penelitian ini adalah event management pada gelaran Kustomfest mengalami berbagai dinamika. Mulai dari permasalahan dalam hal sponsor, masyarakat umum yang belum mengerti apa itu Kustomfest sehingga berdampak pada jumlah pengunjung yang sedikit, dan lain sebagainya. Namun dari tahun ketahun gelaran Kustomfest dalam hal sponsor, jumlah pengunjung, jumlah peserta lomba, serta jumlah penyewa booth terus mengalami peningkatan. Event management gelaran Kustomfest dari tahun ketahun mengalami perkembangan yang baik. Hal ini terbukti dengan mampu bertahan serta berkembangnya gelaran Kustomfest hingga pada gelaran kelima. Meningkatnya jumlah pengunjung, sponsor, peserta lomba, dan penyewa booth pada setiap periode gelaran Kustomfest juga menjadi pwmbuktian bahwa gelarn Kustomfest mengalami perkembangan yang baik dalam hal event management.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gelaran event, festival event, perkembangan event management.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 May 2018 10:22
Last Modified: 22 May 2018 10:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14843

Actions (login required)

View Item View Item