Loyla, Florentinus Owen (2018) EVALUASI KINERJA TERMINAL BUS RAWAMANGUN. S1 thesis, UAJY.
Text (Florentinus Owen Loyla)
TS14571.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Terminal Rawamangun merupakan terminal tipe B memiliki luas 11.957,50 m2. Terletak di Jalan Perserikatan Jakarta Timur, terminal ini diresmikan pada tahun 1972, pada masa pemerintahan gubernur Ali Sadikin. Secara umum, tata letak terminal Rawamangun cukup strategis. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan revitalisasi dan pengembangan terminal Rawamangun pada tahun 2015. Agar tujuan revitalisasi ini tepat guna, maka perlu dilakukan kajian baik dari tingkat pelayanan maupun kajian secara teknis pada terminal Rawamangun. Evaluasi Kinerja terminal bus Rawamangun menganalisis variabel pelayanan terminal sesuai standar Permenhub No 40 Tahun 2015. Survei dilakukan pada jam operasional terminal serta lokasi survei dilakukan di area terminal bus Rawamangun. Dalam penelitian ini dilakukan pengumpulan data dengan cara melakukan survei lapangan berupa survei wawancara, survei kuisioner, dan observasi. Metode yang digunakan dalam pengolahan data yaitu: a) analisis pelayanan dengan metode komparasi berdasarkan SPPTAJ dalam PM 40 tahun 2015 b) analisis data kuisioner dengan metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) pelayanan penyelenggaraan terminal Rawamangun yang tersedia saat ini belum memenuhi SPPTAJ dalam PM 40 tahun 2015 b) faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian pengguna jasa adalah informasi fasilitas pemeriksaan dan perbaikan ringan kendaraan bermotor yang mudah terlihat dengan jelas, fasilitas media pengaduan gangguan kemanaan berupa stiker berisi nomor telepon dan/atau SMS pengaduan ditempel pada tempat yang strategis dan mudah dilihat, terdapat petugas keamanan berseragam dan mudah terlihat, fasilitas ruang tunggu yang bersih, sejuk dan tidak berbau, terdapat fasilitas dan petugas kebersihan, fasilitas area merokok, fasilitas pengisian baterai telepon genggam atau HP.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi, standar pelayanan, Importance Performance Analysis |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 05 Jun 2018 11:31 |
Last Modified: | 05 Jun 2018 11:31 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14935 |
Actions (login required)
View Item |