TANDI, FREDERIK KURNIADI (2018) MANAJEMEN PEMELIHARAAN SARANA DAN PRASARANA GEDUNG SEKOLAH BERASRAMA SMA KRISTEN BARANA. S1 thesis, UAJY.
Text (FREDERIK KURNIADI TANDI)
TS14973.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Sarana dan prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai disertai dengan pengelolaan secara optimal. Seiring dengan diberlalukannya KTSP dimana penerapan desentralisasi pengabilan keputusan untuk mengoptimalkan penyediaan, pendayagunaan dan pengendalian sarana prasarana sekolah. Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah melalui PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 1 ayat (8) mengemukakan standar sarana dan prasarana adalah Standar Nasional Pendidikan yang berkaitan kriteria minimal tentang ruang belajar, tempat olah raga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, tempat bermain, tempat berekreasi dan berkreasi. Pemeliharaan bangunan bertujuan untuk menjaga keandalan bangunan gedung beserta prasarana dan sarananya agar bangunan gedung selalu laik fungsi. Selain itu, pemeliharaan juga berperan dalam menjamin kenyamanan, keamanan, dan keselamatan pengguna bangunan itu sendiri (preventive maintenance). Akan tetapi, fakta dilapangan banyak ditemukan sarana dan prasarana yang tidak dioptimalkan dan dikelola dengan baik, untuk itu diperlukan pemahaman dan pengaplikasian manajemen pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan persekolahan berbasis sekolah asrama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pemeliharaan bangunan gedung sekolah asrama SMA Kristen Barana’. Penelitian ini mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 24/PRT/M/2008 tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung. Data penelitian didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada Bagian Pemeliharaan dengan jumlah responden sebanyak 16 orang, sedangkan untuk pengguna gedung dibagi menjadi pengguna langsung sebanyak 25 orang dan pengguna tidak langsung sebanyak 25 orang. Analisis data dilakukan dengan metode mean, Standar Deviasi, korelasi Spearman Rank untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kegiatan pelaksanaan pemeliharaan dengan penilaian pengguna gedung sekolah asrama SMA Kristen Barana’. Berdasarkan hasil analisis mean, Bagian Pemeliharaan SMA Kristen Barana’ mendapatkan nilai mean sebesar 3,4. Penilaian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan pemeliharaan bangunan SMA Kristen Barana’ tergolong cukup baik. Penilaian dari pengguna langsung dan pengguna tidak langsung yang menilai pemeliharaan SMA Kristen Barana’ termasuk dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Gedung, Gedung SMA |
Subjects: | Sipil > Manajemen Konstruksi Sipil > Manajemen Konstruksi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 05 Jun 2018 11:39 |
Last Modified: | 05 Jun 2018 11:39 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14936 |
Actions (login required)
View Item |