PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT (Studi Empiris pada Perusahaan Peserta PROPER tahun 2014-2016)

Jovita, Dea (2018) PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT (Studi Empiris pada Perusahaan Peserta PROPER tahun 2014-2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Dea Jovita)
EA21465.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh kinerja lingkungan dan kepemilikan asing terhadap pengungkapa n sustainability report pada perusahaan yang mengikuti PROPER pada tahun 2014 hingga 2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yaitu lampiran keputusan menteri lingkungan hidup tentang hasil penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup, sutainability report, laporan tahunan dan data kepemilikan asing perusahaan peserta PROPER dari tahun 2014-2016. Data tersebut diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia, website resmi PROPER, database Global Reporting Initiative (GRI), website Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan website masing-masing perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pengungkapan sustainability report yang diukur menggunakan Sustainability Report Disclosure Index (SRDI). Variabel independen dalam penelitian ini adalah kinerja lingkungan yang diukur berdasarkan peringkat PROPER dan kepemilikan asing yang diukur menggunaka n rasio antara kepemilikan asing dengan jumlah saham yang beredar. Dalam penelitian ini terdapat variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan. Pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analis is regresi berganda. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa kinerja lingkungan tidak berpengaruh positif terhadap pengungkapan sustainability report, sedangkan kepemilikan asing berpengaruh positif terhadap pengungkapan sustainability report.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sustainability report, kepemilikan asing, PROPER, pengungkapan, ukuran perusahaan
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Jun 2018 08:50
Last Modified: 25 Jun 2018 08:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15004

Actions (login required)

View Item View Item