PENGARUH PENGUMUMAN MERGER DAN AKUISISI TERHADAP ABNORMAL RETURN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2013-2016

., Ruspitasari (2017) PENGARUH PENGUMUMAN MERGER DAN AKUISISI TERHADAP ABNORMAL RETURN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2013-2016. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Ruspitasari)
EA20416.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengumuman merger dan akuisisi terhadap abnormal return pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Peneliti menghipotesiskan bahwa pengumuman merger dan akuisisi memiliki kandungan informasi yang dapat memberikan kabar baik (good news) bagi investor, sehingga investor akan bereaksi atas peristiwa tersebut. Kandungan informasi dilihat dari reaksi pasar yang diukur dengan menggunakan abnormal return yang diperoleh oleh investor. Abnormal return dihitung dengan menggunakan model pasar disesuaikan (market adjusted model) dengan periode jendela (event window) adalah 41 hari yaitu 20 hari sebelum, pada saat publikasi dan 20 hari setelah pengumuman publikasi merger dan akuisisi. Penelitian ini menggunakan 46 sampel perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2013-2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat abnormal return positif di sekitar tanggal pengumuman merger dan akuisisi. Hal ini menunjukkan bahwa pengumuman merger dan akuisisi memiliki kandungan informasi bagi pelaku pasar untuk berinvestasi di Pasar Modal, sehingga tujuan awal dari kombinasi bisnis untuk meningkatkan profitabilitas, menjadi efisien, dan mendiversifikasi risiko dapat tercapai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: merger dan akuisisi, kandungan informasi, dan abnormal return
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jun 2018 09:43
Last Modified: 29 Jun 2018 09:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15032

Actions (login required)

View Item View Item