PENGARUH PENGUNGKAPAN SUKARELA TERHADAP ASIMETRI INFORMASI DENGAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

., Novianawati (2018) PENGARUH PENGUNGKAPAN SUKARELA TERHADAP ASIMETRI INFORMASI DENGAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Novianawati)
EA20170.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh pengungkapan sukarela terhadap asimetri informasi dan pengaruh kualitas audit yang diukur dengan ukuran KAP serta spesialisasi industri KAP sebagai variabel pemoderasi terhadap hubungan antara pengungkapan sukarela dan asimetri informasi, menggunakan variabel kontrol pengumuman laba. Data yang digunakan merupakan data arsip berupa laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan tahunan perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan termasuk dalam indeks Kompas 100 pada tahun 2013-2015. Total perusahaan yang menjadi sampel penelitian berjumlah 56 perusahaan. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan sukarela berpengaruh negatif terhadap asimetri informasi, kualitas audit yang diukur dengan ukuran KAP tidak dapat memoderasi hubungan antara pengungkapan sukarela dan asimetri informasi, sedangkan kualitas audit yang diukur dengan spesialisasi industri KAP dapat memoderasi hubungan antara pengungkapan sukarela dan asimetri informasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Sukarela, Asimetri Informasi, Kualitas Audit, Ukuran KAP, Spesialisasi Industri KAP.
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Jul 2018 08:36
Last Modified: 05 Jul 2018 08:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15047

Actions (login required)

View Item View Item