ANALISIS PEMBERIAN OPINI AUDIT GOING CONCERN DITINJAU DARI POTENSI KEBANGKRUTAN, OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA DAN UKURAN PERUSAHAAN

Sera, Jovan Capello (2017) ANALISIS PEMBERIAN OPINI AUDIT GOING CONCERN DITINJAU DARI POTENSI KEBANGKRUTAN, OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA DAN UKURAN PERUSAHAAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Jovan Capello Sera)
EA18731.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Laporan keuangan akan lebih dipercaya oleh investor dan pemakai laporan keuangan lain jika sudah mendapat pernyataan wajar dari auditor independen yang tertuang dalam laporan auditor independen (Sussanto dan Aquariza, 2012). Selain menilai kewajaran atas laporan keuangan, auditor juga harus mengemukakan secara eksplisit apakah perusahaan klien dapat mempertahankan kelangsungan hidup (going concern) sampai satu tahun kemudian setelah pelaporan (AICPA, 1988 dalam Januarti, 2009). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji secara empiris pengaruh potensi kebangkrutan terhadap pemberian opini audit going concern, opini audit going concern tahun sebelumnya terhadap pemberian opini audit going concern dan pengaruh ukuran perusahaan terhadap pemberian opini audit going concern. Penelitian dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 – 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi kebangkrutan berpengaruh positif terhadap pemberian opini audit going concern, opini audit going concern tahun sebelumnya berpengaruh positif terhadap pemberian opini audit going concern dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap pemberian opini audit going concern.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Opini audit going concern, Potensi kebangkrutan, Opini audit tahun sebelumnya, Ukuran perusahaan
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Jul 2018 10:32
Last Modified: 06 Jul 2018 10:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15067

Actions (login required)

View Item View Item