PERENCANAAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMBELI PEREMPUAN OLEH BIRO IKLAN (Studi Deskriptif Kualitatif Perencanaan Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Iklan “Nawar Kurang Waras di Warung Online” tanggal 4-12 Desember 2016 untuk Meningkatkan Pembeli Perempuan yang dilaksanakan oleh PT Bujuk Rayu Anak Bangsa)

NUGRAHENI, MARIA ASUMPTA RISKA PUTRI (2018) PERENCANAAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMBELI PEREMPUAN OLEH BIRO IKLAN (Studi Deskriptif Kualitatif Perencanaan Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Iklan “Nawar Kurang Waras di Warung Online” tanggal 4-12 Desember 2016 untuk Meningkatkan Pembeli Perempuan yang dilaksanakan oleh PT Bujuk Rayu Anak Bangsa). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (MARIA ASUMPTA RISKA PUTRI NUGRAHENI)
KOM04639.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Pada Harbolnas 2016, Warung Online bertujuan untuk meningkatkan pembeli perempuan karena jumlah pembeli perempuan dan laki-lakinya timpang. Sedangkan perempuan merupakan pembeli terbanyak di e-commerce. Hal ini menjadi sebuah pencapaian yang kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan melihat perencanaan strategi komunikasi pemasaran dalam iklan Nawar Kurang Waras di Warung Online yang dilakukan oleh Bujukrayu. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori perencanaan strategi komunikasi pemasaran yang diperdalam dengan konsep perilaku konsumen. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Bujukrayu menjadi objek penelitian dengan tiga orang karyawannya sebagai subjek penelitian peneliti. Peneliti menggunakan in depth interview untuk mengumpulkan data primer yang didukung oleh data sekunder berupa studi dokumen. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan reduksi data dan dilakukan validasi data menggunakan triangulasi. Bujukrayu memulai perencanaan berpedoman pada tujuan peningkatan pembeli perempuan. Bujukrayu melakukan riset untuk mengenali pemirsa sasaran. Bujukrayu merancang pesan yang sesuai untuk ditampilkan di televisi dan social media. Pesan yang disampaikan adalah adanya produk perempuan di Warung Online dan fitur nego. Setelah pesan dirancang, maka selanjutnya adalah memilih sumber pesan. Bujukrayu memilih beberapa talent laki-laki dan perempuan, band NTRL dan Achmad Zaky untuk menyampaikan pesan tersebut. Pada proses mengumpulkan umpan balik, Warung Online mendapatkan peningkatan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Bujukrayu yang menggunakan strategi tarik memiliki proses yang sedikit berbeda dari teori perencanaan strategi komunikasi pemasaran dimana urutan perencanaan yang dilakukan dimulai dengan menentukan tujuan komunikasi, lalu mengidentifikasi pemirsa sasaran. Selanjutnya adalah memilih media, merancang pesan, memilih sumber pesan dan mengumpulkan umpan balik. Saran bagi akademisi adalah untuk melakukan penelitian ini pada saat atau setelah perencanaan dilakukan dan memperdalam informasi dari pihak pemberi brief. Saran bagi Bujukrayu adalah meminimalisir respon negatif dari pemirsa sasaran dan mengumpulkan umpan balik mengenai presentase peningkatan pembeli perempuan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi pemasaran, perencanaan, Bujukrayu, pembeli perempuan, iklan.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Jul 2018 08:15
Last Modified: 12 Jul 2018 08:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15101

Actions (login required)

View Item View Item