FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB REWORK PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KABUPATEN ALOR NUSA TENGGARA TIMUR

MALAIKOSA, ANDRY ADVISOR (2018) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB REWORK PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KABUPATEN ALOR NUSA TENGGARA TIMUR. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ANDRY ADVISOR MALAIKOSA)
TS14443.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rework sering ditemui pada dunia konstruksi, walaupun dalam skala yang kecil, rework dapat mengakibatkan pembengkakan biaya, terjadinya keterlambatan kerja, penurunan produktifitas. Untuk mengetahui penyebab dan cara menyikapinya maka perlu dipelajari hal-hal apa saja yang menjadi penyebab terjadinya rework. Beberapa cara dapat digunakan sebagai alternatif dalam menyelesaikan terjadinya rework agar tidak berdampak luas atau lebih buruk pada suatu proyek konstruksi . Karena alasan tersebut peneliti tertarik untuk mengadakan survei dan penelitian untuk mengatasi rework. Penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada responden, yang dalam penelitian ini ialah kontraktor kelas kecil dan kontraktor kelas menengah di Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur. Data yang diperoleh ialah tentang data responden, persepsi responden tentang rework, kemungkinan terjadinya rework pada jenis pekerjaan proyek, fase munculnya rework, faktor-faktor penyebab rework yang terdiri dari 3 faktor yaitu faktor desain dan dokumentasi, faktor manajerial dan faktor sumber daya, data terakhir yaitu mengenai cara efektif mengurangi rework. Setelah mendapatkan seluruh data dan informasi yang dibutuhkan maka dianalisa dengan menggunakan MS Excel 2013, yang terdiri dari analisa mean, analisa frekuensi, standar deviasi, dan spearman rank correlation analysis. Dari hasil analisa diketahui bahwa antara kontraktor kelas kecil dan kontraktor kelas menengah terdapat kesamaan persepsi mengenai penyebab rework pada faktor desain dan dokumentasi, faktor sumber daya dan cara efektif mengurangi rework. Sedangkan pada faktor manajerial tidak mempunyai persepsi yang sama antara kontraktor kecil kecil dan kontraktor kelas menengah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kontraktor kelas kecil, kontraktor kelas menengah, penyebab rework, cara efektif mengurangi rework.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Jul 2018 10:40
Last Modified: 12 Jul 2018 10:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15108

Actions (login required)

View Item View Item