ANALISIS PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KECEPATAN DAN KAPASITAS JALAN

Ambaho, Trifona (2018) ANALISIS PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KECEPATAN DAN KAPASITAS JALAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Trifona Ambaho)
TS14163.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Hambatan samping yang terjadi pada ruas jalan Affandi cukup tinggi hal ini dikarenakan banyaknya kendaraan yang keluar dan masuk jalan dan memutar balik ada juga kendaraan yang parkir di badan jalan sehingga menyebabkan berkurangnya fungsi dan kinerja jalan yang berakibat pada kemacetan lalu lintas. Penelitian dilakukan dengan cara bmenggumpulkan data primer berupa volume lalu lintas, waktu tempuh, dan hambatan samping dan data sekunder berupa jumlah penduduk. Pengamatan data sekunder dilakukan selama 3 hari yaitu tanggal 07,08, 09 Oktober 2017. Analisis dilakukan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)1997. Dari Hasil Perhitungan didapat Q sebesar 202,3 smp/jam. Kecepatan arus bebas kendaraan ringan sebesar 53,58 km/jam, kapasitas jalan sebesar 25135,11 smp/jam, kecepatan rerata kendaraan ringan sebesar 28 km/jam, dan waktu tempuh kendaraan rerata sebesar 12,8571 Detik, derajat kejenuhan 0,86 > 0,75, kategori pelayanan C. Berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI),1997 faktor hambatan samping yang paling berpengaruh adalah Kendaraan yang keluar dan masuk jalan. Apabila ditinjau dari derajat kejenuhan dan dihilangkan/di tiadakan Kendaraan yang keluar dan masuk jalan maka akan memberikan kontribusi Menurunkan Derajat kejenuhan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hambatan Samping, Arus Lalu Lintas, Kecepatan, Kapasitas, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Jul 2018 10:36
Last Modified: 13 Jul 2018 10:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15123

Actions (login required)

View Item View Item