IDENTIFIKASI PERILAKU PARA PELAKU USAHA UMKM DI KOTA YOGYAKARTA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK BISNIS

NUGROHO, FX BAGUS (2018) IDENTIFIKASI PERILAKU PARA PELAKU USAHA UMKM DI KOTA YOGYAKARTA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK BISNIS. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (FX BAGUS NUGROHO)
TS07302.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

UMKM merupakan sektor kegiatan ekonomi yang sangat penting di Indonesia, saat ini para pelaku usaha UMKM dituntut untuk berkembang untuk memanfaatkan media sosial untuk bisnis. Namun dari 50% UMKM di Kota Yogyakarta yang menggunakan media sosial hanya sebesar 5%. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh persepsi kemanfaatan (Perceived Usefulness), persepsi kemudahan (Perceived Ease of Use), dan kenyataan penggunaan (Actual Usage) terhadap sikap penggunaan (Attitude Toward Using), serta untuk melihat seberapa besar penggunaan media sosial untuk bisnis di kota Yogyakarta. Penelitian ini dalam memperoleh data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner yang dibagikan kepada 96 responden pelaku usaha UMKM di Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Technology Acceptance Model (TAM), Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS), analisis dilakukan dengan menggunakan beberapa pengujian yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, signifikansi koefisien korelasi sederhana dan koefisien determinsi serta derajat hubungan. Hasil yang diperoleh yaitu sebagian besar para pelaku usaha memiliki sikap dalam memutuskan untuk menggunakan media sosial bagi bisnis dipengaruhi oleh manfaat,kemudahan dan kenyataan penggunaan dari media sosial tersebut. Selain itu hasil yang didapat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Media sosial, Technology Acceptance Model, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Actual Usage, Attitude Toward Using
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Jul 2018 13:14
Last Modified: 13 Jul 2018 13:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15133

Actions (login required)

View Item View Item