PENGARUH KESADARAN MEREK, CITRA MEREK DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP LOYALITAS MEREK STUDI PADA PENGGUNA KENDARAAN MATIC RODA DUA MEREK HONDA

Pranata, Ivan (2017) PENGARUH KESADARAN MEREK, CITRA MEREK DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP LOYALITAS MEREK STUDI PADA PENGGUNA KENDARAAN MATIC RODA DUA MEREK HONDA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Ivan Pranata)
EM18946.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221MB)

Abstract

Pertumbuhan industri otomotif di Indonesia pada saat ini berkembang sangat pesat mengakibatkan persaingan industri tersebut semakin ketat, khususnya pada industri kendaraan roda dua atau motor. Kendaraan roda dua sudah menjadi salah satu kebutuhan yang penting dalam kehidupan masyarakat modern. Motor menjadi salah satu alat transportasi yang banyak diminati karena mudah penggunaannya dan waktu tempuh yang lebih cepat untuk menghadapi kemacetan diperkotaan sekarang ini. Motor jenis matic menjadi pilihan masyarakat modern yang membutuhkan kendaraan dengan pengoperasian dan penggunaannya yang mudah serta cocok untuk digunakan konsumen pria maupun perempuan. Selain itu, harganya yang cukup terjangkau dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit membuat konsumen tertarik menggunakan kendaraan jenis ini. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh secara parsial maupun simultan variabel kesadaran merek, citra merek, dan persepsi kualitas terhadap loyalitas merek motor matic Honda. Selain itu, juga menganalisis perbedaan variabel ditinjau dari karakteristik responden baik dari jenis kelamin, usia responden, tipe motor, pekerjaan, dan pendapatan. Data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner pada 200 responden pengguna motor matic Honda. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa 45,1 % loyalitas merek dipengaruhi oleh kesadaran merek, citra merek, dan persepsi kualitas. Citra Merek dan Persepsi Kualitas memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas merek, sedangkan kesadaran merek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas merek. Pada uji perbedaan penilaian konsumen pada variabel kesadaran merek, citra merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek ditinjau dari karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin dan pekerjaan tidak terdapat perbedaan. Sedangkan ditinjau dari usia responden, tipe motor, dan pendapatan terdapat perbedaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : kesadaran merek, citra merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Jul 2018 12:55
Last Modified: 24 Jul 2018 12:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15239

Actions (login required)

View Item View Item