STRATEGI PROMOSI PADA PT. JARINGAN MULTIMEDIA INDONESIA

Rinaldi, Rony (2017) STRATEGI PROMOSI PADA PT. JARINGAN MULTIMEDIA INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Rony Rinaldi)
TI07208.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

PT. Jaringan Multimedia Indonesia merupakan salah satu perusahaan jasa di kota Yogyakarta yang memberikan jasa layanan internet yang beralamat di Jalan Wahid Hasyim Gg. Kantil no. 170C Widoro, CC , Depok, Sleman. PT. Jaringan Multimedia Indonesia menawarkan jasa layanan internet dengan target konsumen mahasiswa yang sedang melakukan studi di kota Yogyakarta Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi yang digunakan pada perusahaan jasa PT. Jaringan Multimedia Indonesia dalam menaikkan volume penjualan yang diukur berdasarkan total nilai penjualan yang mengalami penurunan. Data total nilai penjualan yang mengalami penurunan di mulai pada bulan November 2016 hingga bulan Februari 2017. Kemudian diambil data internal perusahaan yang memiliki komponen 8P. Komponen 8P ini merupakan teori Marketing mix atau bauran pemasaran dikemukakan oleh Kotler dan Keller (2007). Delapan variable tersebut adalah product, price, promotion, place, physical evidence, process, people dan productivity and quality. Tahapan selanjutnya adalah dengan membuat diagram fishbone untuk mengetahui akar masalah yang terjadi pada PT. jaringan Multimedia Indonesia. Setelah mendapatkan akar masalah, prioritas permasalahan ditentukan dengan menggunakan metode Urgency Seriousness Growth (USG). Prioritas permasalahan yang didapatkan berdasarkan metode USG adalah terdapat kekurangan kualitas produk dan jasa yang menurunkan kepuasan konsumen. Kemudian permasalahan ini dibuat beberapa alternative solusi yang kemudian akan dipilih berdasarkan metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Metode QSPM terdapat tiga tahapan utama yaitu tahap pemasukan, tahap pecocokan dan tahap keputusan. Hasil penelitian yang didapatkan setelah melakukan ketiga tahap tersebut adalah usulan strategi yang akan digunakan pada PT. Jaringan Multimedia Indonesia dengan menerapkan strategi promosi tanpa mengeluarkan modal besar. Penerapan strategi ini dilakukan dengan menggunakan pemanfaatan media sosial facebook sebagai tempat memasarkan produk dan jasa PT. Jaringan Multimedia Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Internet, Marketing mix 8P, Diagram fishbone, Metode USG, Metode QSPM.
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Jul 2018 09:55
Last Modified: 25 Jul 2018 09:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15258

Actions (login required)

View Item View Item