PENGARUH ELEMEN STORE ATMOSPHERE PADA NIAT BELI KONSUMEN DI HAMZAH BATIK YOGYAKARTA

Marau, Martha Christina (2017) PENGARUH ELEMEN STORE ATMOSPHERE PADA NIAT BELI KONSUMEN DI HAMZAH BATIK YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Martha Christina Marau)
EM20272.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari elemen suasana toko yang terdiri dari kebersihan, musik, suhu, aroma, pencahayaan, warna, display dan niat beli konsumen serta mengidentifikasi apakah terdapat perbedaan variabel elemen suasana toko pada niat beli di Hamzah Batik Yogyakarta berdasarkan tingkat gender dan asal kota. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner secara online kepada seluruh konsumen yang sudah pernah berkunjung dan melakukan pembelian di Hamzah Batik Yogyakarta, baik berasal dari luar Yogyakarta maupun dalam Yogyakarta. Jumlah sampel yang valid dan dapat digunakan dalam penelitian ini adalah 147 responden. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan uji One Way ANOVA. Secara simultan (bersama), seluruh variabel elemen suasana toko memiliki pengaruh terhadap niat beli konsumen. Namun secara parsial (individu), hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel aroma, suhu, pencahayaan dan display memiliki pengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen sedangkan variabel kebersihan, musik, warna tidak memiliki pengaruh terhadap niat beli konsumen. Selain itu, perbedaan gender pada variabel musik, suhu, aroma dan niat beli menunjukkan hasil yang signifikan (terdapat perbedaan) namun variabel kebersihan, pencahayaan, warna dan display menunjukkan hasil yang tidak signifikan (tidak terdapat perbedaan). Pada pengujian perbedaan berdasarkan asal kota, variabel musik, aroma, pencahayaan, warna dan niat beli menunjukkan hasil yang signifikan (terdapat perbedaan), sedangkan variabel kebersihan, suhu dan display menunjukkan hasil yang tidak signifikan (tidak terdapat perbedaan).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Store Atmosphere, niat beli, gender.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Aug 2018 08:31
Last Modified: 04 Oct 2018 00:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15292

Actions (login required)

View Item View Item