PENGARUH INDEPENDENSI, KOMPETENSI DAN ETIKA TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi empiris pada Inspektorat Kabupaten Tana Toraja, Inspektorat Kabupaten Toraja Utara, dan Inspektorat Kota Palopo)

Pawarrangan, Sri Ayu (2017) PENGARUH INDEPENDENSI, KOMPETENSI DAN ETIKA TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi empiris pada Inspektorat Kabupaten Tana Toraja, Inspektorat Kabupaten Toraja Utara, dan Inspektorat Kota Palopo). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Sri Ayu Pawarrangan)
EA19883.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendapat bukti empiris tentang pengaruh independensi, kompetensi dan etika terhadap kualitas audit pada Inspektorat Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Toraja Utara, dan Kota Palopo. Pengawasan atas penyelenggaraan pemerintah daerah dila kukan secara berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi sampai dengan tingkat Pusat. Melalui pengawasan intern dapat diketahui apakah suatu pemerintah telah melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana, kebijakan yang telah ditetapkan, dan ketentuan. Selain itu, pengawasan intern atas penyelenggaraan pemerintah diperlukan untuk mendorong terwujudnya good governance dan clean government dan mendukung penyelenggaraan pemerintah yang efektif, efisien. Penelitian ini dilakukan di lingkungan pemerintah karena peneliti tertarik melakukan penelitian di lingkungan pemerintah yaitu auditor yang bekerja di Inspektorat karena didasari oleh opini masyarakat tentang rendahnya kualitas audit yang dilakukan oleh auditor pada Inspektorat. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah independesi, kompetensi, dan etika, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kualitas audit. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Respondennya adalah seluruh auditor pada Inspektorat Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Toraja Utara, dan Kota Palopo yang berjumlah 48 responden. Data kuesioner diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan pengujian hipotesis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa independensi berpengaruh positif terhadap kualitas audit, kompetensi berpengaruh positif terhadap kualitas audit, dan etika berpengaruh positif terhadap kualitas audit.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: etika, independensi, kompetensi, kualitas audit
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Aug 2018 09:53
Last Modified: 01 Aug 2018 09:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15306

Actions (login required)

View Item View Item