RISET PASAR PRODUK T-SHIRT BERTEMA NASIONALIS

RETNENY, HANA DJATI (2017) RISET PASAR PRODUK T-SHIRT BERTEMA NASIONALIS. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HANA DJATI RETNENY)
TI0606556.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh Kurios Production sebagai produsen t-shirt di Surakarta adalah pasar mengalami kejenuhan dalam menerima produk t-shirt nasionalis yang merupakan ciri khas usaha clothing-nya. Target pemasaran yang dirancangkan Kurios sebesar 180 pieces/ bulan. Kurios pernah mengalami permintaan mencapai 500 pieces / tahun. Pada beberapa tahun terakhir Kurios hanya menjual 360 -480 pieces / tahun. Kurios Production juga melayani pemesanan desain dari konsumen yang belum tentu satu tema nasionalis. Satu sisi Kurios Production harus membuat dan memasarkan produknya t-shirt nasionalis, disisi lain juga harus memproduksi t-shirt pesanan konsumen. Angka penjualan t-shirt nasionalis mengalami ketidak konsistenan meski sudah dipasarkan melalui media sosial dan dibantu 9 orang tenaga penjual di daerah Surakarta sendiri maupun beberapa kota seperti Surabaya, Yogyakarta, Jepara, Semarang, Sragen, Ambon. Penelitian ini akan berfokus pada hasil respon penerimaan responden terhadap desain yang disertakan pada kuesioner. Metode riset pasar digunakan untuk mengetahui hasil analisis dan interpretasi terhadap produk t-shirt nasionalis beserta mengidentifikasi pengembangan variasi desain serta kualitas bahan sehingga t-shirt nasionalis diterima pasar secara berkesinambungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa responden memilih harga t-shirt bertema nasionalis Rp 60.000,00 -Rp 99.999,00 dengan kisaran uang saku / pendapatan Rp 500.000,00 – Rp 999.999,00. Terdapat 60%- 94% responden baik perempuan dan laki-laki menyatakan tertarik pada t-shirt nasionalis, menitikberatkan pada bahan Cotton Combed 24's saat akan membeli t-shirt. Pengembangan desain untuk t-shirt bertema nasionalis yang diproduksi oleh Kurios Production dapat berupa perpaduan antara variasi tulisan dan gambar serta penuangan nilai-nilai sikap bela negara. Hasil tersebut dapat digunakan sebagai perencanaan desain dan penjangkauan pemasaran t-shirt nasionalis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Riset Pasar, T-shirt, Nasionalis
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Aug 2018 09:17
Last Modified: 02 Aug 2018 09:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15335

Actions (login required)

View Item View Item