USULAN PERBAIKAN UNTUK MENURUNKAN RESIKO MUSKULOSKELETAL DI SENTRA REMPEYEK PELEMADU BANTUL

FRIANTY, YUNITA HERLINA (2017) USULAN PERBAIKAN UNTUK MENURUNKAN RESIKO MUSKULOSKELETAL DI SENTRA REMPEYEK PELEMADU BANTUL. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (YUNITA HERLINA FRIANTY)
TI07126.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Sentra Rempeyek Pelemadu Bantul adalah sebuah sentra yang memproduksi rempeyek. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, terdapat beberapa permasalahan ergonomi yang terjadi di tempat produksi sentra tersebut. Permasalahan-permasalahan tersebut antara lain adalah postur tubuh pekerja, jarak antar fasilitas kerja yang digunakan, dan mekanisme kerja yang digunakan oleh pekerja. Berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut, dilakukan penilaian terhadap keluhan muskuloskeletal dengan NMQ (Nordic Musculosceletal Quistionnaire). Dari hasil penilaian keluhan muskuloskeletal, didapatkan hasil bahwa ratarata pekerja mengalami keluhan muskuloskeletal, sehingga dilakukan penilaian tingkat resiko postur kerja dengan menggunakan metode REBA (Rapid Entire Body Assesment) dan OWAS (Ovako Working Analysis System). Dimana hasil penilaian menunjukkan sebagian besar postur kerja beresiko tinggi. Perbaikan dilakukan dengan melakukan perbaikan perancangan ulang fasilitas penjepit kayu untuk membelah kayu, meja untuk menyiapkan adonan, kursi untuk menggoreng dan mengemas rempeyek, pengaturan ulang tata letak pada aktivitas meniriskan rempeyek, dan perbaikan mekanisme kerja aktivitas menyimpan kayu potongan dengan menggunakan pendekatan squat lifting. Analisis yang dilakukan terhadap usulan perbaikan perancangan ulang fasilitas, tata letak tempat kerja, dan mekanisme kerja yang baru mendapatkan hasil bahwa penilaian postur kerja setelah perbaikan sudah menurunkan resiko muskuloskeletal pada tiap-tiap aktivitas kerja. Hal tersebut terlihat dari penilaian postur kerja bahwa tidak terdapat lagi postur kerja yang beresiko tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ergonomi, NMQ (Nordic Musculoskeletal Quistionaire), OWAS (Ovako Working Analysis System), Postur kerja, REBA (Rapid Entire Body Assesment, Squat Lifting.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Aug 2018 09:53
Last Modified: 02 Aug 2018 09:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15339

Actions (login required)

View Item View Item