Mengukur Kesiapan Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Model Application Service Provider (ASP) pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia

Rianto, Rianto and Setyohadi, Djoko Budiyanto Mengukur Kesiapan Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Model Application Service Provider (ASP) pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 3 (1). pp. 26-32.

[img] Text
Mengukur Kesiapan Implementasi.pdf

Download (617kB)
[img] Text
peer_review_Mengukur Kesiapan Implementasi.pdf

Download (598kB)
[img] Text
CEK_TURITIN_Mengukur Kesiapan Implementasi.pdf

Download (3MB)

Abstract

UMKM menjadi penyumbang utama pendapatan nasional untuk suatu Negara, khususnya Negara berkembang. UMKM tumbuh dan menyerap banyak tenaga kerja dan menjadi roda perekonomian utama. Indonesia menjadi salah satu dari banyak negara, dimana UMKM memberikan banyak kontribusi pendapatan nasional dan penyerapan tenaga kerja. Dalam bisnis, perubahan diperlukan agar tetap hidup dan berkembang, dalam hal ini perubahan bisnis yang bersifat konvensional ke e-bisnis. Salah satunya adalah CRM, CRM telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk mengembangkan bisnis mereka. Implementasi CRM membutuhkan modal yang besar, khususnya aplikasi CRM model tradisional. Dibandingkan dengan Model ASP, CRM model ini sangat sesuai untuk UMKM khususnya di Indonesia karena dari segi keuangan dapat dijangkau oleh UMKM di Indonesia. Pada penelitian ini sebanyak 30 UMKM tingkat menengah digunakan sebagai koresponden dan digunakan untuk mengukur kesiapan UMKM di Indonesia menggunakan teknologi CRM dengan model ASP. Dimana pada hasil penelitian mengenai kegiatan yang berhubungan dengan CRM dilihat dari dimensi intelektual, sosial dan teknologi masih terlihat sangat rendah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Application Service Provider, Customer Relationship Management, e-Bisnis, Usaha Mikro Kecil Menengah.
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Aug 2018 10:10
Last Modified: 06 Aug 2018 08:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15378

Actions (login required)

View Item View Item