PERANCANGAN STRUKTUR BAWAH JEMBATAN RANGKA BAJA PELENGKUNG (ARCH BRIDGE) PADA JEMBATAN KALI AKAR TELUK BETUNG UTARA - BANDAR LAMPUNG

Adijono, Hendra (2018) PERANCANGAN STRUKTUR BAWAH JEMBATAN RANGKA BAJA PELENGKUNG (ARCH BRIDGE) PADA JEMBATAN KALI AKAR TELUK BETUNG UTARA - BANDAR LAMPUNG. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TS156840.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
TS156841.pdf

Download (190kB)
[img] Text (BAB II)
TS156842.pdf

Download (520kB)
[img] Text (BAB III)
TS156843.pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB IV)
TS156844.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB V)
TS156845.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB VI)
TS156846.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jembatan Kali Akar merupakan jembatan yang sering dilewati banyak kendaraan karena berada di lokasi yang cukup strategis. Dikatakan strategis karena di dekat jembatan tersebut terdapat tempat pariwisata dan pusat industri kayu meubel. Melihat dari kondisi tersebut, pasti banyak kendaraan bermuatan banyak yang melalui Jembatan Kali Akar, oleh karena itu maka perlu dilakukan perancangan ulang jembatan untuk mengantisipasi beban lalu lintas di jembatan tersebut. Struktur bawah Jembatan Kali Akar akan direncanakan menggunakan beton dengan mutu 35 MPa, dan baja dengan mutu 410 MPa. Panjang bentang jembatan adalah 50 meter, tinggi abutment adalah 6,5 meter, panjang tiang bore yang digunakan untuk fondasi adalah 16 meter. Pembebanan struktur atas jembatan diambil dari perhitungan pembebanan yang dilakukan oleh Sutanta (2017). Perancangan struktur bawah jembatan mengacu pada peraturan SNI T-02-2005 tentang Pembebanan untuk Jembatan, SNI T-12-2004 tentang Perencanaan Struktur Beton untuk Jembatan, dan SNI 2833:2008 tentang Standar Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Jembatan. Hasil perancangan didapat tulangan pokok back wall bawah D16-300, tulangan bagi D14-400, dan tulangan geser D12-300/300. Tulangan pokok back wall atas D13-300, tulangan bagi D12-300, dan tulangan geser D10-300/300. Tulangan tarik breast wall 2D25-90, tulangan tekan 2D25-90, dan tulangan geser D16-300/300. Tulangan pokok corbel D16-200, tulangan bagi D13-250, dan tulangan geser D13-250/250. Tulangan pokok wing wall vertikal D18-300, tulangan bagi D12-400, dan tulangan geser D10-300/300. Tulangan pokok wing wall horizontal D20-200, tulangan bagi D13-300, dan tulangan geser D10-300/300. Tulangan pokok pilar D25-200, tulangan bagi D18-250, dan tulangan geser D14- 300/300. Tulangan pokok pile cap D25-300, tulangan bagi D18-300, dan tulangan geser D16-300/300. Tulangan pokok fondasi 16D20, dan tulangan sengkang spiral 2D10-250. Hasil perancangan terlampir.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: jembatan, back wall, breast wall, wing wall, corbel, pilar, pile cap, fondasi bore pile.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Aug 2018 07:49
Last Modified: 14 Aug 2018 07:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15461

Actions (login required)

View Item View Item